Fananti, Hanindar Eki (2017) Analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas IV semester 1 terbitan Kemdikbud 2016 / Hanindar Eki Fananti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fananti Hanindar Eki. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Semester 1 Terbitan Kemdikbud 2016. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Nilai-Nilai Karakter Buku Siswa Sekolah Dasar Tujuan pendidikan nasional telah mencakup pendidikan karakter. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan karakter yaitu melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter pada buku ajar diantaranya buku siswa kelas IV semester 1 terbitan kemdikbud 2016. Buku siswa tersebut merupakan buku ajar yang baru diterbitkan oleh kemdikbud pada tahun ajaran 2016/2017. Adanya permasalahan berdasarkan hasil penelitian terdahulu mengenai muatan nilai-nilai karakter pada buku ajar Sekolah Dasar yang belum memadai dalam memuat nilai-nilai karakter maka peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan objek yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat pada bagian informasi pendukung bagian petunjuk kerja/kegiatan bagian tagihan kerja/latihan dan bagian evaluasi buku siswa kelas IV semester 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dekskriptif dan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini yaitu buku siswa kelas IV semester 1 terbitan Kemdikbud 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku siswa kelas IV semester 1 terbitan Kemdikbud 2016 telah memuat nilai-nilai karakter. Pada bagian informasi pendukung memuat 18 nilai karakter dari 18 nilai karakter sesuai dengan standar isi kurikulum 2013. Nilai karakter baru yang termuat pada bagian informasi pendukung yaitu sabar pantang menyerah adil dan bijaksana. Pada bagian petunjuk kerja/kegiatan memuat 14 nilai karakter dari 18 nilai karakter sesuai dengan standar isi kurikulum 2013. Pada bagian tagihan kerja/latihan memuat 14 nilai karakter dari 18 nilai karakter sesuai dengan standar isi kurikulum 2013. Nilai karakter baru yang termuat pada bagian tagihan kerja/latihan yaitu adil. Pada bagian evaluasi memuat 10 nilai karakter dari 18 nilai karakter sesuai dengan standar isi kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi pendidik untuk menganalisis terlebih dahulu muatan nilai-nilai karakter pada buku ajar yang akan digunakan. Sementara itu bagi penulis buku siswa dapat melengkapi nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam buku siswa. Penulis buku juga dapat menambahkan nilai-nilai karakter baru hasil temuan penelitian untuk dijadikan nilai-nilai karakter dalam standar isi kurikulum 2013 dan dimasukkan menjadi tambahan nilai budaya dan karakter bangsa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |