Penanaman nilai karakter melalui budaya sekolah dan pembelajaran di kelas sekolah dasar sistem full day school SDIT Insan Permata / Aisyah Nabilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai karakter melalui budaya sekolah dan pembelajaran di kelas sekolah dasar sistem full day school SDIT Insan Permata / Aisyah Nabilah

Nabilah, Aisyah (2017) Penanaman nilai karakter melalui budaya sekolah dan pembelajaran di kelas sekolah dasar sistem full day school SDIT Insan Permata / Aisyah Nabilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nabilah Aisyah. 2017. Penanaman Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah dan Pembelajaran di Kelas Sekolah Dasar Sistem Full Day School SDIT Insan Permata. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd (2) Drs. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci Nilai Karakter Budaya Sekolah Pembelajaran di Kelas Nilai karakter sesuai dengan Tujuan Pendidikan Nasional merupakan hal mendasar yang perlu ditanamkan melalui beragam kegiatan di lingkungan sekolah. Salah satu cara menanamkan nilai karakter secara menyeluruh dapat dilakukan di lingkungan sekolah dengan sistem pembelajaran full day school. SDIT Insan Permata merupakan salah satu sekolah dasar sistem full day school di Kota Malang yang memiliki cara tersendiri dalam menanamkan nilai karakter. Untuk mengetahui pelaksanaannya peneliti melakukan penelitian tentang penanaman nilai karakter melalui pembelajaran di kelas budaya sekolah karakter yang tampak sebagai dampak penanaman nilai karakter dan kendala dalam menanamkan nilai karakter di SDIT Insan Permata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara studi dokumen serta dokumentasi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 cara dalam menanamkan nilai karakter melalui budaya sekolah yang meliputi visi misi dan jaminan mutu sekolah kegiatan rutin kegiatan insidental kegiatan terprogram bulan tema tata tertib sekolah pembiasaan interaksi warga sekolah dan lingkungan fisik sekolah. Terdapat 11 cara menanamkan nilai karakter melalui pembelajaran di kelas yang meliputi sholat dhuha berjama ah pembelajaran character building pembelajaran al-qur an kegiatan pagi pelaksanaan pembelajaran di kelas penilaian karakter penataan ruang kelas inventaris kelas perangkat pembelajaran tata tertib kelas dan pengadaan reward dan punishment. Cara-cara penanaman nilai karakter tersebut ditemukan dapat mengembangkan 12 dari 18 nilai karakter dalam Kemendiknas yaitu religius disiplin tanggung jawab kerja keras jujur bersahabat/komunikatif peduli lingkungan peduli sosial menghargai prestasi demokratis rasa ingin tahu dan mandiri. Kendala yang dialami dalam penanaman nilai karakter melalui budaya sekolah dan pembelajaran di kelas terdiri dari 4 kendala dengan kendala utama yakni kurang maksimalnya sinergisitas dengan orang tua dalam menanamkan nilai karakter. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi kepala sekolah agar meningkatkan evaluasi terhadap pelaksanaan penanaman nilai karakter di SDIT Insan Permata sehingga kendala yang masih dirasakan dapat diatasi. Kepada guru pengajar SDIT Insan Permata disarankan untuk meningkatkan komunikasi antara guru dengan wali murid sebagai upaya mengatasi kendala sinergisitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item