Proses generalisasi dalam menyelesaikan masalah pola / Rusdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses generalisasi dalam menyelesaikan masalah pola / Rusdiana

Rusdiana (2019) Proses generalisasi dalam menyelesaikan masalah pola / Rusdiana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rusdiana 2018. Proses Generalisasi dalam Menyelesaikan Masalah Pola. Disertasi. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D (2) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (3) Dr. Sudirman M.Si. Kata kunci Proses berpikir Generalisasi Tahapan generalisasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses generalisasi yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan tugas generalisasi pola dengan menggunakan tahapan generalisasi Ellis.Tahapan generalisasi Ellis dimulai dari relating searching dan diakhiri dengan extending. Berkenaan dengan tujuan penelitian tersebut peneliti memberikan tugas terhadap 24 siswa sekolah dasar. Dari 24 siswa yang diminta menyelesaikan tugas tersebut 13 siswa berasal dari SDIT Fastabiqul Khairat Samarinda dan 11 siswa dari SDIT Cordova Samarinda. Keduapuluh empat siswa tersebut mengerjakan tes secara think aloud terkait generalisasi pola. Berdasarkan hasil pekerjaan dan rekaman think aloud dilakukan wawancara berbasis tugas yang didasarkan pada pedoman wawancara semi terstruktur. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan tahapan persiapan data membaca data untuk memperoleh gambaran data secara menyeluruh melakukan analisis data dengan hand analysis melakukan coding dan mendeskripsikan dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat dua tipe proses generalisasi pola yang dilakukan siswa yaitu Tipe I dan Tipe II. Alur proses generalisasi pola Tipe I dimulai dari relating objek/gambar searching dilakukan dengan searching objek/gambar searching bilangan serta searching objek/gambar dan bilangan. Relating objek/gambar dilakukan ketika menghubungkan pola gambar dengan penambahan satu persegi di setiap sisi gambar. Searching objek/gambar dilakukan ketika membuat Gambar ke-n dengan membuat n persegi di kiri atas kanan dan bawah persegi tetap. Searching bilangan dilakukan ketika menentukan banyak persegi pada Gambar ke-n dengan menuliskan aturan 119899 4 1. Searching objek/gambar dan bilangan dilakukan ketika membuat satu persegi dan menuliskan n di kiri atas kanan dan bawah persegi yang dibuat. Tahap extending dilakukan secara simbolik dan verbal. Sedangkan alur proses generalisasi pola Tipe II dimulai dari relating bilangan searching dilakukan dengan searching bilangan dan searching objek/gambar sedangkan extending dilakukan secara verbal. Relating bilangan dilakukan ketika menghubungkan pola gambar dengan penambahan empat persegi. Searching bilangan dilakukan ketika menghitung banyak persegi pada Gambar ke-n. Searching objek/gambar dilakukan ketika menentukan banyak persegi pada Gambar ke-n dengan pernyataan bahwa terdapat n persegi di kiri atas kanan dan bawah persegi tetap. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk mendesain pembelajaran yang memungkinkan siswa terbiasa dan terlatih untuk melakukan generalisasi. Hasil penelitian ini juga diharapkan memberi kontribusi teori vii mengenai proses generalisasi yang dilakukan siswa saat menyelesaikan tugas generalisasi pola dan sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian terkait proses generalisasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S3 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64562

Actions (login required)

View Item View Item