Profil pelaksanaan program literasi di kelas V SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Indrianti Fatmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pelaksanaan program literasi di kelas V SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Indrianti Fatmasari

Fatmasari, Indrianti (2017) Profil pelaksanaan program literasi di kelas V SDN Percobaan 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Indrianti Fatmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fatmasari Indrianti. 2017. ProfilPelaksanaan Program Literasi di Kelas V SDN Percobaan 2 KecamatanSukun Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. MuhanaGipayana M.Pd. (II) Drs. M. ImronRosyadi H. Sy. S.Pd. M.Pd. Kata Kunci profilpelaksanaan program literasi gerakanliterasisekolah Malang Program literasimerupakan program penumbuhanminatbacapadasiswa yang diluncurkanpemerintahawaltahun 2016 denganberlandaskanpadaPermendikbudNomor 23 Tahun 2015 tentangPenumbuhan Budi Pekerti. Mengingat program inimasihtergolong program barudanmasihsedikitsekaliulasanmengenai program literasi di sekolahdasarmenjadipertimbanganuntukmelihatperkembangan program literasi di sekolahdasarkhususnya. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahal yang mencakup proses pelaksanaan program literasi gerakanliterasisekolah penumbuhanminatbaca danfaktor yang mempengaruhipelaksanaan program literasi. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif. Data penelitian yang berupapaparankebahasaandalambentukhasilwawancaradengankepalasekolah walikelas V dansiswa-siswikelas V SDN Percobaan 2 KecamatanSukun Kota Malang. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikwawancara observasi dandokumentasi. Instrumen yang digunakanuntukmengumpulkan data berupainstrumenmanusia yaitupenelitisendiri. Untukmenjagakeabsahan data dilakukankegiatantriangulasi data. Kegiatananalisis data dimulaidaritahapreduksi data penyajian data dankesimpulan. Berdasarkanhasilanalisistersebutdiperolehsimpulanhasilpenelitianyaitupelaksanaan program literasi di kelas V SDN Percobaan 2 KecamatanSukun Kota Malang sudahpadatahappembiasaanyaknitahapinimerupakantahapawaldalamGerakanLiterasiSekolah yang bertujuanuntukmenumbuhkanminatpesertadidikterhadapbacaandanterhadapkegiatanmembaca. Untukbahanpustaka yang ada di SDN Percobaan 2 KecamatanSukun Kota Malang sudahbaikdalamjangkapendekyang artinyapengolahanbukudanpengadaanbukusangatdibutuhkan di SDN Percobaan 2 KecamatanSukun Kota Malang. Kondisilingkungan di SDN Percobaan 2 kecamatanSukun Kota Malang sudahsangatbaikdimanakeseluruhanbangunansudahditempelimading poster papanhimbauansertalingkungan yang kaya akanliterasisertasumberdayabaik guru maupunstafsekolahsangatberperanaktifdalamkegiatanliterasiini. Faktor-faktor yang mempengaruhi program literasi di SDN Percobaan 2 KecamatanSukun Kota Malang yaknifaktor yang menghambat program literasiteratasidenganbaikolehseluruhwarga SDN Percobaan 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6448

Actions (login required)

View Item View Item