Yasa, I Nyoman (2018) Konstruksi Tubuh Perempuan Marjinal dalam Novel-novel Bacaan Siswa Sekolah Menengah Atas / I Nyoman Yasa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Yasa I Nyoman. 2018. Konstruksi Tubuh Perempuan Marjinal dalam Novel-novel Bacaan Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Roekhan M.Pd. (III) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata-kata Kunci konstruksi tubuh perempuan marjinal novel Sekolah Menengah Atas Novel memuat ideologi pengarang atau masyarakat yang sedang diperjuangkan. Ideologi tersebut dapat memengaruhi para siswa SMA sebagai pembaca novel. Salah satu penanaman ideologi dalam novel-novel bacaan siswa SMA adalah konstruksi ideologi tubuh perempuan marjinal. Konstruksi tubuh perempuan menjadi masalah yang penting dewasa ini baik dalam konteks keindonesiaan maupun global. Peristiwa kekerasan seksual yang frekuensinya tinggi bahkan menjadi kejadian luar biasa. Tubuh perempuan menjadi komoditas kapitalis. Penelitian ini menggunakan delapan novel sebagai subjek penelitian yakni (1) novel Salah Asuhan (SA) (2) novel Kembang Jepun (KJ) (3) novel Gadis Tangsi (GT) (4) novel Gadis Pantai (GP) (5) novel Seroja (Sj) (6) novel Tarian Bumi (TB) (7) novel Ronggeng Dukuh Paruk (RDP) dan (8) novel Galaksi Kinanthi (GK). Kedelapan novel ini dipilih sebagai subjek penelitian atas beberapa pertimbangan. Pertama frekuensi peminjaman novel tinggi sebagai novel bacaan siswa. Kedua novel yang dipinjam oleh siswa ada di semua sekolah (delapan sekolah di lima kabupaten di Bali). Ketiga novel yang dibaca siswa mengangkat masalah konstruksi tubuh perempuan marjinal yang proporsional menyajikan data. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memerikan menafsirkan dan menjelaskan konstruksi tubuh perempuan marjinal dalam novel-novel bacaan siswa Sekolah Menengah Atas (2) memerikan menafsirkan dan menjelaskan resistensi perempuan marjinal atas konstruksi tubuhnya oleh kelompok superior dalam novel-novel bacaan siswa Sekolah Menengah Atas dan (3) memerikan menafsirkan dan menjelaskan posisi pengarang dalam mengonstruksi tubuh perempuan marjinal dalam novel-novel bacaan siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kritis. Dalam konteks ini penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kata frasa kalimat secara kritis terhadap objek kajian. Sumber data penelitian ini adalah novel-novel yang dibaca oleh siswa Sekolah Menangah Atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumen dan wawancara. Analisis data dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah pengumpulan data dengan tahapan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi dan penarikan kesimpulan. Validasi temuan penelitian ini dilakukan melalui beberapa teknik keabsahan penelitian yakni (1) ketekunan pengamatan untuk menemukan kedalaman (2) pemeriksaan mahasiswa dan dosen melalui pengadaan diskusi dan konsultasi baik secara resmi maupun tidak ii resmi dengan para pakar yang berkaitan dengan konstruksi tubuh perempuan marjinal yaitu bidang sastra wacana kritis pengarang novel dan (3) triangulasi. Ada tiga hal penting hasil penelitian ini. Pertama novel-novel bacaan siswa SMA dikonstruksi dalam wujud tubuh berupa citraan tubuh ideal perempuan yang superior. Citraan tubuh ideal perempuan yang superior dalam novel-novel bacaan siswa SMA dikonstruksi melalui perilaku tubuh yang tunduk dan produktif fashion yang bertaksu terapi panoptikon tubuh dan identitas pelabelan yang terstigmatis pada tubuh. Konstruksi tubuh perempuan dalam novel-novel bacaan siswa SMA dilakukan dengan cara-cara pendisiplinan agar terbentuk wujud tubuh perempuan yang superior. Kedua ketidaksetiaan terhadap citraan tubuh ideal perempuan yang superior menciptakan resistensi aktif (resistensi frontal) dalam novel-novel bacaan siswa SMA. Selain itu keraguan terhadap citraan tubuh ideal perempuan yang superior menciptakan resistensi pasif (resistensi mimikri mockery dan silent body) dalam novel-novel bacaan siswa SMA. Ketidakpercayaan terhadap citraan tubuh ideal perempuan yang superior menciptakan resistensi dalam novel-novel bacaan siswa SMA. Yang terakhir adalah pengarang novel bacaan siswa SMA yang menjaga jarak terhadap citraan tubuh ideal perempuan yang superior memosisikan diri melawan. Pengarang novel bacaan siswa SMA yang dekat terhadap citraan tubuh ideal perempuan yang superior memosisikan diri melanggengkan. Pengarang novel bacaan siswa SMA yang bermain-main/mempermainkan kedekatan terhadap citraan tubuh ideal perempuan yang superior memosisikan diri ambivalen. Posisi pengarang novel bacaan siswa SMA bergantung pada jarak yang dibuat terhadap citraan tubuh ideal perempuan yang superior. Citraan tubuh ideal perempuan yang superior dalam novel-novel bacaan siswa SMA dikonstruksi berdasarkan atas kepatuhan. Pengarang novel sebaiknya lebih meningkatkan kesadaran kritisnya ketika menulis. Peningkatan kesadaran kritis ketika menulis novel dapat menghindari praktik-praktik ketidaksetaraan/keseimbangan (kekuasaan) terhadap kaum marjinal. Selain pengarang novel para guru dan siswa juga sebaiknya meningkatkan kesadaran kritis terhadap penggunaan bahasa termasuk pemilihan materi ajar sehingga bahasa yang dipilih dalam pembelajaran tidak menimbulkan bias kekuasaan. Upaya meningkatkan kesadaran kritis tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan Metode Kesadaran Kritis-Metakognitif (M2KM). Dalam kegiatan bmembaca misalnya guru dan siswa dapat melakukan beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain (1) menyadari kemampuan diri sendiri (2) menyeleksi bacaan sesuai kemampuan (3) membuat jadwal kegiatan membaca (4) mengidentifikasi kata sulit seligus menemukan praktik kekuasaan tersembunyi (5) memonitorong aktivitas membacanya dan (6) mengevaluasi hasil bacaan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |