Prihatiningsih, Dewik Wulan (2017) Persepsi guru SD Negeri Gugus 2 Kecamatan Klojen, Kota Malang tentang pembelajaran dalam kurikulum 2013 / Dewik Wulan Prihatiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prihatiningsih DewikWulan. 2016. Persepsi Guru SD NegeriGugus 2 KecamatanKlojen Kota Malang tentangPembelajarandalamKurikulum 2013. Skripsi Program StudiPendidikan guru SekolahDasar.JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah.FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd . (II) Drs. Sutrisno S.Pd M.Pd. Kata Kunci pembelajarandalamkurikulum 2013 persepsi SD Kurikulumselalumengalamiperubahandariwaktukewaktuhinggakurikulum 2013 yang berlakusaatini.Pemberlakuankurikulum 2013 dimulaipadatahun 2013/2014 yang diterapkanmelaluipembelajarantematikterpadu.Padakenyataandilapanganterdapat pro dankontratentangpenerapanpembelajarantematikterpadu yang berlandaskankurikulum 2013 ini.Banyakpersepsidaripara guru yang munculterhadappenerapanpembelajarantematikterpadu yang meliputitahanperencanaan pelaksanaan danpenilaian. Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpersepsi guru tentangperubahan perencanaan pelaksanaan danpenilaianpembelajarantematikterpaduolehseluruh guru kelas di SD NegeriKecamatanKlojen Kota Malang. Penelitianinimeggunakanrancangandeskriptifkuantitatif.Prosedurdanpengambilansampelmenggunakantekniksampeljenuh.Sampeldalampenelitianiniberjumlah 42 responden.Jumlahtersebutmerupakanseluruh guru di SD Negerigugus 2 KecamatanKlojen Kota Malang.Instrumenpenelitian yang digunakanuntukmengumpulkan data adalahmelaluiangket/kuesionertertutup yang dikembangkanolehpeneliti. Berdasarkantemuanpenelitiandapatdipaparkanbahwasecaraumumpersepsi guru yang meliputiperubahankurikulum perencanaanpembelajaran pembelajarantematikpelaksanaanpembelajaran danpenilaianautentikadalahpositif rata-rata persepsi guru mencapai 78 744%.Hal tersebutberarti 33 guru menjawabpositifdari total 42 guru yang menjadiobjekpenelitian. Berdasarkantemuandanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwasecaraumumpersepsi guru adalahpositif guru sudahmemahamiaspek-aspek yang diperlukandalamkurikulum 2013 yang meliputitahapperubahankurikulum perencanaanpembelajaran pembelajarantematik pelaksanaanpembelajaran danpenilaianautentik. Penelitimemberikan saran bagikepalasekolahhendaknyamengevaluasipembelajarantematikterpadu yang dilaksanakanoleh guru.Selainitu diharapkanbagiDinasPendidikan Kota Malang hendaknyadapatmengadakanpelatihankepada guru agar dapatmelaksanakanpembelajarantematikterpadusecaramaksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Mar 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6431 |
Actions (login required)
View Item |