Penerapan model self directed learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas V tema 9 SDI Terpadu Nurul An-shar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo / Rizal Tanzil Afgani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model self directed learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas V tema 9 SDI Terpadu Nurul An-shar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo / Rizal Tanzil Afgani

Afgani, Rizal Tanzil (2017) Penerapan model self directed learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas V tema 9 SDI Terpadu Nurul An-shar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo / Rizal Tanzil Afgani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afgani Rizal Tanzil. 2016. Penerapan Model Self Directed Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas V Tema 9SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Nihayati S. Pd. M.Pd (II) Dra. Sri Sugiharti M.Pd Kata Kunci Self Directed Learning Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 9 Pembelajaran di SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondosudah menggunakan kurikulum 2013 (K13). Pada saat proses kegiatanbelajarmengajarterdapat beberapa guru kelas hanya berpedoman pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan Scientific Approach tanpa menggunakan model pembelajaran yang tersedia. Terutama guru kelas V yang belum menerapkan model pembelajaran secara bervariasi ketika melaksanakan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya dengan pembentukan kelompok kelompok saja tanpa memperhatikan langkah langkah dari sebuah model pembelajaran. Sehingga siswa merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Self Directed Learning pada tema 9 subtema 2 di kelas V SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo. Kemudian bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Self Directed Learning pada tema 9 subtema 2 kelas V SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo. Dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Self Directed Learning pada tema 9 subtema 2 kelas V SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan tindakan dan pengamatan refleksi dan perbaikan rencana. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus padatema 9 subtema 2 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondoyang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan modelSelf Directed Learningpadasiswa kelas V SDI Terpadu Nurul AnsharKecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondopadasiklus I sudahsesuaidenganperencanaan (RPP) denganskor 100 padasiklus II jugamendapatskor 100. Aktivitasbelajarsiswapada pratindakan dengan rata-rata nilai68 9. Setelah diberi tindakan pada pembelajaran tema 9 subtema 2 menggunakan model Self Directed Learningmeningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 74 4dan kembali meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 78 9. Dan nilai hasil belajar siswa kelas V SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo pada pratindakan dengan rata-rata nilai 73 2. Setelah diberi tindakan pada pembelajaran tema 9 subtema 2 menggunakan model Self Directed Learningmeningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai 79 1 dan kembali meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 88 3. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa pada pembelajaran Tema 9 sumbtema 2 di kelas V SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondosudah diterapkan dengan 4 langkah pembelajaran secara utuh dan sistematis yang terdiri dari Perencanaan Penerapan Pengawasan dan Penilaian . Penerapan model pembelajaran Self Directed Learningjuga terbukti dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa kelas V SDI Terpadu Nurul Anshar Kecamatan Mimbaan Kabupaten Situbondo. Rekapitulasi nilai dari hasil belajar siswa pratindakan rata-rata nilai 73 2meningkat pada siklus I menjadi 79 1 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 88 3. Dan Rekapitulasi nilai dari aktivitas siswa pratindakan rata-rata nilai 68 9meningkat pada siklus I menjadi 74 4dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 78 9. Saran yang dapat diberikan dari peneliti yaitu diharapkan banyak memberikan pancingan-pancingan yang membuat siswa banyak bertanya berkaitan dengan materi yang dipelajari karena dengan banyak bertanya siswa akan banyak tahu dan membuat mereka lebih aktif dalam pembelajaran.Penggunaan media dalam pembelajaran model Self Directed Learningyang sesuai dengan materi dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa tidak mudah bosan dengan pembelajaran yang mengakibatkan ramai sendiri. Model pembelajaran ini juga dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran dan mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item View Item