Hubungan kepemimpinan transaksional, budaya sekolah, pembelajaran organisasi dan inovasi organisasi dengan kinerja sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya / Umar - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepemimpinan transaksional, budaya sekolah, pembelajaran organisasi dan inovasi organisasi dengan kinerja sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya / Umar

UNSPECIFIED (2015) Hubungan kepemimpinan transaksional, budaya sekolah, pembelajaran organisasi dan inovasi organisasi dengan kinerja sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya / Umar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umar 2015. Hubungan Kepemimpinan Transaksional Budaya Sekolah Pembelajaran Organisasi dan Inovasi Organisasi dengan Kinerja Sekolah Menengah Kejuru- an Negeri di Malang Raya. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. (II) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (III) Dr. Kusmintardjo M.Pd Kata kunci kepemimpinan transaksional budaya sekolah pembelajaran organisasi inovasi organisasi kinerja sekolah Pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dengan peningkatan kinerja sekolah khususnya kinerja sekolah menengah kejuruan. Berkaitan dengan peningkatan kinerja sekolah mengah kejuruan dilakukan melalui ba-nyak cara diantaranya dengan meningkatkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah melalui peningkatan inovasi organisasi peningkatan kemampuan sekolah dalam mela-kukan pembelajaran organisasi dan meningkatkan kemampuan budaya organisasi. Oleh karena itu perlu dikaji dan diteliti aspek-aspek yang diduga kuat dapat meningkatkan kinerja sekolah menengah kejuruan yang dapat meningkatkan kinerja sekolah mene-ngah kejuruan yaitu kepemimpinan transaksional inovasi organisasi pembelajaran organisasi budaya sekolah dan kinerja sekolah menengah kejuruan apakah terdapat hubungan antar aspek-aspek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan transaksional budaya sekolah pembelajaran organisasi dan inovasi organisasi dan kinerja sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan baik langsung maupun tidak langsung antar variabel kepemimpinan transaksional budaya sekolah pembelajaran organisasi dan inovasi organisasi dengan kinerja sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan ran-cangan penelitian deskriptif-korelasional yang menggunakan pendekatan instrumen penelitian berupa angket. Pepulasi penelitian ini adalah keseluruhan guru sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya. Dari jumlah populasi 1.676 orang guru SMK diambil sampel 323 orang guru dengan teknik random. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuessioner dengan skala Likert yang termodifikasi untuk menjaring data lima vareabel yaitu (1) kepemimpinan transaksional (2) inovasi organisasi (3) pembelajaran organisasi (4) budaya organisasi sekolah dan (5) kinerja sekolah. Pengolahan data dilakukan dengan pemodelan persamaan struktural (SEM) dan menggunakan Software AMOS 18.0. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh hasil penelitian bahwa kepemimpinan transaksional dipersepsikan baik oleh guru SMK dengan nilai vareabel (4 17) variabel budaya sekolah dipersepsikan baik oleh guru SMK dengan nilai vareabel (4 11) variabel inovasi organisasi dinilai baik oleh guru SMK dengan nilai vareabel (3 98) variabel pembelajaran organisasi dipersepsikan baik oleh guru SMK dengan nilai (3 91) sedangkan variabel kinerja sekolah dipersepsikan baik oleh guru SMK dengan nilai vareabel (4 05). Sedangkan dari analisis statistik inferensial diperoleh hasil (1) kepemimpinan transaksional berhubungan langsung dengan inovasi organisasi (2) kepemimpinan transaksional berhubungan langsung dengan pembelajaran organisasi (3) kepemimpinan transaksional berhubungan langsung dengan budaya sekolah (4) Pembelajaran organisasi berhubungan langsung dengan inovasi organisasi (5) budaya organisasi berhubungan langsung dengan pembelajaran organisasi (6) kepemimpinan transaksional berhubungan langsung dengan kinerja sekolah (7) inovasi organisasi berhu-bungan langsung dengan kinerja sekolah (8) pembelajaran organisasi berhu-bungan langsung dengan kinerja sekolah (9) budaya organisasi berhubungan langsung dengan kinerja sekolah (10) budaya sekolah mampu memediasi hubungan antara ke-pemimpinan transaksional dengan pembelajaran (11) pembelajaran organisasi mampu memediasi hubungan antara kepemimpinan transaksional dengan inovasi organisasi (12) inovasi organisasi mampu memediasi hubungan antara kepemimpinan transak-sional dengan kinerja sekolah (13) budaya sekolah mampu memediasi hubungan antara kepemimpinan transaksional dengan kinerja sekolah (14) pembelajaran organisasi mampu memediasi hubungan antara kepemimpinan transaksional dengan kinerja seko-lah dan (15) pembelajaran organisasi mampu memediasi hubungan antara budaya seko-lah dengan kinerja sekolah. Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoritis yaitu kepemimpinan transak-sional inovasi organisasi pembelajaran organisasi dan budaya organisasi berhubungan langsung dengan kinerja sekolah. Artinya kinerja sekolah membutuhkan peran kepe-mimpinan transaksional yang senantiasa menanamkan prinsip contingent reward me-negakan nilai-nilai moral dan etika di lingkungan sekolah melakukan product/service innovation dan menamkan mentalitas yang baik bagi seluruh warga sekolah. Pening-katan kinerja sekolah juga dipengaruhi oleh kepemimpinan transaksional yang dime-diasi oleh inovasi organisasi pembelajaran organisasi dan budaya organisasi. Hasil pene-litian ini memberikan implikasi secara praktis terhadap upaya peningkatan kinerja sekolah yaitu (1) pemimpin (kepala sekolah) mengembangkan dan meningkatkan kepe-mimpinan transaksional yang dimiliki untuk dapat memberikan pengaruh yang signi-fikan pada kinerja sekolah (2) kepala sekolah dan guru perlu menegakan nilai-nilai moral dan etika di lingkungan sekolah (3) sekolah perlu memiliki product/ service innovation dan (4) sekolah mengoptimalkan pembelajaran organisasi memperbaharui metode pengajaran Terkait dengan penelitian ini diberikan saran-saran kepada beberapa pihak antara lain (1) untuk pemerintah pusat agar dapat membuat program pengembangan dan peningkatan mutu kepala sekolah melalui kegiatan-kegiatan antara lain pelatihan kepala sekolah tentang kepemimpinan transaksional yang berorientasi pada contingen reward karena temuan menunjukkan bahwa terdapat hubungan langsung antara kepe-mimpinan traksaksional contingen reward dengan kinerja sekolah (2) untuk dinas pen-didikan kota/kabupaten agar program pembinaan kepala sekolah difokuskan pada kepe-mimpinan transaksional pembelajaran organisasi budaya organisasi dan inovasi organisasi dan (3) untuk kepala sekolah dan guru-guru SMK Negeri se Malang Raya untuk menjadikan temuan ini sebagai acuan dalam meningkatkan kinerja sekolah yang pada akhirnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64212

Actions (login required)

View Item View Item