Manajemen kurikulum sekolah standar internasional berbasis integrasi standar nasional dan Cambridge Internasional Primary Programme: studi multi situs di tiga sekolah dasar mitra badan pengembangan laboratorium pendidikan Universitas Negeri Malang / Suprihadi Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum sekolah standar internasional berbasis integrasi standar nasional dan Cambridge Internasional Primary Programme: studi multi situs di tiga sekolah dasar mitra badan pengembangan laboratorium pendidikan Universitas Negeri Malang / Suprihadi Saputro

Saputro, Suprihadi (2012) Manajemen kurikulum sekolah standar internasional berbasis integrasi standar nasional dan Cambridge Internasional Primary Programme: studi multi situs di tiga sekolah dasar mitra badan pengembangan laboratorium pendidikan Universitas Negeri Malang / Suprihadi Saputro. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

. Disertasi Program StudiManajemenPendidikan Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd (II) Prof. Dr. H. HendyatSoetopo M.Pd (III) Prof. H. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. Katakunci manajemenkurikulumsekolah integrasistandarinternasional berbasis CIPP Badan Pengembangan Laboratorium PendidikanUniversitasNegeri Malang melaluiPendidikanDasarLaboratoriumUniversitasNegeri Malang melakukankemitraandengan Cambridge International Examination dalampenyelenggaraanprogram pendidikan dasar standar internasional. Dalam rangka memotivasi dan menumbuhkan semangat inovasi pendidikan di sekolah-sekolah nasional maka PendidikanDasarLaboratoriumUniversitasNegeri Malang mendiseminasikankurikulumstandarinternasional dan menjalinkemitraandengansejumlahsekolahdasar nasional dalamimplementasikurikulumsekolahstandar internasional berbasisintegrasistandar nasional dan Cambridge International Primary Programme di sekolah mitra. Proses kurikulumsekolahstandar internasionalberbasisintegrasistandar nasional dan CIPP di sekolah mitra menunjukankarakteristikyang fenomenal berikut (1) melakukan perencanaan untuk menentukan desainkurikulumberdasar atas framework kurikulum CIPP yang di integrasikan dengan kurikulum standar nasional (2) disetiap sekolah menetapkan perubahan kebijakan proses kurikulum perubahan kebijakan rekrutmen guru dan manajemen infra struktur (3) terdapat perubahan kebijakan substansial dalamimplementasi kurikulum sekolah menyangkut pengalokasian waktupertemuan strukturbahan kegiatandan infrastruktur dalam pelaksanaan program dan sistem evaluasi program (a) perumusankegiatan berdasar pemetaan indikator kompetensi (b) penilaian pembelajaran didesainsecaraterintegrasi dengan proses pembelajaran (c) setiapkelasdipandudua orang guru (d) bahanbelajaranakberupa worksheet yang berisipanduankegiatan bahanbelajar dantugas-tugasbelajar (e) mengintegrasikanbahanbelajar dengan multi mediadanjaringansitus (f) interaksi guru-muridmenggunakanbahasainternasional (g) setiapanakmemilikikeberagamanwaktudalammenuntaskantugasbelajarnya. Fenomena proses kurikulum menggambarkan model manajemen kurikulum yang dikembangkan sekolah. Realita operasional proses kurikulum tersebut perlu dideskripsikan untuk ditemukan pola orientasi sistem manajamen kurikulum sekolah yang dapat dijadikan sebagai model rujukan sistem manajemen kurikulum sekolah standar internasional. Fokus penelitianini adalah deskripsi manajemen kurikulum sekolah standar internasional berbasis integrasi standar nasional dan Cambridge International Primary Programme dengan tujuan penelitianuntuk merumuskangambarantentang dasar perencanaankurikulumdalamidentifikasikebutuhandandesainkurikulum menggambarkan orientasi pengembangankurikulumsekolah denganspesifikasikebijakankurikulum pengembangankomponenkurikulum pengembanganinfrastruktur implementasikurikulum dan kebijakan implementasikurikulumdalamperencanaan pelaksanaan dan penilaian program serta sistemujiinternasional serta gambaran kebijakan manajemen evaluasikurikulumsekolah denganspesifikasitentangtujuandanfungsi sasarandanmekanismeevaluasikurikulum.Lokasipenelitianada tiga situs dengan desain multi situs.Teknikpengumpulan data denganmetodewawancaramendalam dokumentasi observasiterfokusdanobservasipartisipatori.Penentuaninformansecara purposive.Informankunci ditetapkan berdasarkanataspemahamandanintensitasketerlibatandalammekanismekurikulumsekolah.Instrumenpenelitianadalahpenelitisendiri.Prosedurpengumpulan data diawalidaripendalaman data darisituspertama yang ditetapkansebagai piloting.Situs piloting digunakanuntukmenemukandanmenentukankerangkakerjapenelitianbagipengumpulan data darisitus-situsselanjutnya.Teknikanalisis data menggunakananalisisinduktif dimodifikasi untuk menyusun generalisasi temuan penelitian.Analisis dimulai dari analisis situs tunggal pertama hingga situs ketiga melalui pengumpulan dan analisis data situstunggal sehingga didapat temuantentatif situs tunggal. Berdasar temuan tentatif situs tunggal dilanjutkan analisis lintas situs dengan teknik analisis induktif dimodifikasi. Prosedur analisis dilakukan dengan analisis lintas situs antara temuan tentatif situs tunggal pertama dan kedua dengan teknik induktif di modifikasi sehingga didapat temuan lintas situs. Gilirannya temuan lintas situs dianalisis secara induktif dimodifikasi dengan temuan tentatif situs ketigasehingga didapat temuan utama penelitian. Berdasar atas temuan utama maka dirumuskan proposisi penelitian. Uji keabsahan datadilakukandengan uji (1) kredibilitas melalui (a) triangulasiteori sumber dan metode(b) tranferabilitas (c) dependenabilitasdan (d) konfirmabilitas. Temuan penelitian (1) standarinternasional mutu layanan produk strukturkurikuluminfrastruktur dan desain kurikulum integratif basis kompetensi ditetapkan sebagai dasar yang diprioritaskan dalam identifikasi kebutuhan dandesain standar dalam perencanaan kurikulumsekolah (2) kurikulumsekolahberbasiskompetensi danintegrasiholistikdengankualitaslayanandanprodukstandarinternasional yang dikembangkan secara kolaboratif demokratis transparanakuntabel dijadikan standar kebijakan pengembangan kurikulum sekolah aspek proses produkdankomponen kurikulum berstandarinternasional dijadikan standarkualitaspengembangandeskripsi produk kurikulumsekolah standar internasional sarana prasarana kompetensi profesional guru dan kemitraan dengan lembaga pendidikan internasional ditetapkan sebagai aspek yang diprioritaskan dalam pengembangan infrastruktur untuk implementasikurikulumsekolah (3)silabuskompetensi integratif dan desainbahan program individual yang disusun secara kolaboratif dijadikan kriteriastandar dalam perencanaan program diferensiasi program belajar individualintegrasimulti-mediadan jaringansitusinternasionalsertainfrastrukturyangkondusifdanpenilaian program secaraintegratif danlangsung ditetapkan sebagai kebijakanstandar untuk manajemen pelaksanaan program Cambridge ProgressionTestdan Cambridge CheckpointTest diakomodasisebagaiprogram standaruntuk penilaian dan uji kualifikasi internasional (4) relevansi dan responsifitas kurikulum sekolah terhadap perubahanparadigma dan kebutuhan siswa dijadikan sebagai dasar rasional dan tujuanevaluasi terhadap kurikulum aspek proses komponen produkdansistem penilaian secarakomprehensifditetapkan sebagai standar utama aspekpenilaiankurikulumsekolah internaldan eksternal sistemik periodik danberkesinambungan adalahstandarmekanisme evaluasi kurikulum. Kesimpulan penelitian desain manajemen kurikulum sekolah standar internasional berbasis integrasi standar nasional dan CIPP diprioritaskan padastandarisasikualitas dan desain layanan produk dan sistem kendali mutu kurikulumdalamprespektif dan standar internasional.Perspektifdan standarinternasional sebagai standar layanaan maupun kualitas produk lulusan berimplikasi secara sistemik terhadap sistem manajemen sekolah. Implikasinya sekolah telah memiliki sistem jaringan dan kerjasamainternasional sistem penjaminan dan kendali mutu berstandar internasional serta sistem akreditasi sekolah secara internasional. Penelitian ini dapat membuka khasanah baru kajian terhadap regulasi sekolah standar internasional

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63866

Actions (login required)

View Item View Item