Yuswanto, Didik Tri (2011) Hubungan peran agen perubahan, komunikasi empatik, dan kredibilitas pengelola dengan keberhasilan pendidikan kecakapan hidup pada lembaga kursus dan pelatihan di Jawa Timur / Didik Tri Yuswanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd (II) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (III) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. Kata kunci peran agen perubahan komunikasi empatik kredibilitas keberhasilan pendidikan kecakapan hidup (PKH) Pada tahun 2002 pemerintah telah mencanangkan inovasi di bidang pendidikan yang disebut dengan life skills atau pendidikan kecakapan hidup (PKH). Untuk menunjang implementasi PKH melalui jalur PNF sejak tahun 2003 pemerintah telah memberikan dana bantuan sosial (blockgrant) kepada lembaga penyelenggara PKH-PNF dan salah satunya adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Sebagai inovasi keberhasilan PKH berhubungan erat dengan peran agen perubahan. Dalam penyelenggaraan PKH oleh LKP yang diharapkan berperan sebagai agen perubahan adalah pengelola LKP. Secara teoretis keberhasilan peran agen perubahan berhubungan erat dengan komunikasi empatik dan kredibilitasnya di hadapan warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan hubungan antara peran agen perubahan komunikasi empatik dan kredibilitas pengelola LKP dengan keberhasilan PKH yang diselenggarakan oleh LKP di Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 1.503 orang warga belajar PKH yang diselenggarakan oleh LKP di Jawa Timur. Jumlah sampel sebanyak 176 orang yang ditentukan dengan formula Cohen (Tabel 9.4.2) dan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik analisis deskriptif dan inferensial. Statistik inferensial menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program Analysis of Moment Structures (AMOS) versi 4 0. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa peran agen perubahan komunikasi empatik dan kredibilitas pengelola LKP dalam kategori cukup. Demikian pula dengan keberhasilan PKH dalam kategori cukup. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan langsung antara komunikasi empatik dengan peran agen perubahan pengelola LKP di Jawa Timur (2) terdapat hubungan langsung antara kredibilitas dengan peran agen perubahan pengelola LKP di Jawa Timur (3) terdapat hubungan langsung antara kredibilitas dengan komunikasi empatik pengelola LKP di Jawa Timur (4) terdapat hubungan langsung antara peran agen perubahan pengelola dengan keberhasilan PKH yang diselenggarakan LKP di Jawa Timur (5) terdapat hubungan langsung antara komunikasi empatik pengelola dengan keberhasilan PKH yang diselenggarakan LKP di Jawa Timur (6) terdapat hubungan langsung antara kredibilitas pengelola dengan keberhasilan PKH yang diselenggarakan LKP di Jawa Timur (7) terdapat hubungan tidak langsung antara komunikasi empatik pengelola dengan keberhasilan PKH yang diselenggarakan LKP di Jawa Timur melalui peran agen perubahan (8) terdapat hubungan tidak langsung antara kredibilitas pengelola dengan keberhasilan PKH yang diselenggarakan LKP di Jawa Timur melalui peran agen perubahan dan (9) terdapat kecocokan antara model struktural (model teoretis) yang dibangun dengan data empirik. Berdasarkan analisis pengaruh langsung diketahui bahwa kredibilitas pengelola LKP memiliki pengaruh paling besar terhadap keberhasilan PKH yang diselenggarakan oleh LKP di Jawa Timur baru kemudian diikuti oleh peran agen perubahan dan komunikasi empatik. Berdasarkan analisis pengaruh tidak langsung diketahui bahwa pengaruh kredibilitas pengelola LKP terhadap keberhasilan PKH yang diselenggarakan oleh LKP di Jawa Timur melalui peran agen perubahan memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh komunikasi empatik terhadap keberhasilan PKH yang diselenggarakan oleh LKP di Jawa Timur melalui peran agen perubahan. Berdasarkan temuan penelitian ini dikemukakan beberapa saran sebagai berikut (1) kepada para pengelola LKP agar lebih meningkatkan pemahaman tentang perannya sebagai agen perubahan penguasaannya tentang teknik-teknik komunikasi khususnya teknik komunikasi empatik dan berusaha meningkatkan kredibilitasnya antara lain dengan cara meningkatkan kompetensi sikap tujuan kepribadian dan dinamikanya (2) kepada pimpinan LKP agar merancang dan memfasilitasi terlaksananya program peningkatan kompetensi para pengelola LKP dan merencanakan dengan cermat tindak lanjut pembelajaran PKH (3) kepada jajaran Pembina LKP (Dinas Pendidikan Jajaran Pendidikan Nonformal Kemdiknas di semua tingkatan Pengurus HIPKI Pengurus HISPPI) agar merancang program peningkatan kompetensi teknis para pengelola LKP merancang program peningkatan kemampuan manajemen pengelola LKP dan melaksanakan bimbingan secara lebih intensif (4) kepada Pengambil Kebijakan Pendidikan Nonformal agar memperhatikan masalah manajemen program PNF (5) kepada Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUDNI Kemdiknas agar memasukkan kredibilitas ke dalam indikator penilaian kinerja LKP dan penilaian terhadap usulan dana blockgrant PKH-LKP meningkatkan anggaran untuk program-program PKH khusus bagi LKP secara berkelanjutan maupun program peningkatan kompetensi para pengelola LKP serta melaksanakan supervisi monitoring dan evaluasi penyelenggaraan program PKH yang diselenggarakan oleh LKP secara lebih intensif dan (6) kepada para peneliti yang berminat meneliti tentang keberhasilan PKH oleh LKP agar melakukan penelitian tentang PKH dengan menggunakan pendekatan ataupun variabel yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63852 |
Actions (login required)
View Item |