Tenriningsi, Hj. Andi (2009) Hubungan supervisi pengajaran, motivasi kerja, kinerja guru dengan prestasi belajar siswa SD Negeri di Kabupaten Barru / Hj. Andi Tenriningsi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Untuk mencapai tujuan pendidikan dalam suatu lembaga di antaranya mengenai supervisi pengajaran yang merupakan proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru dalam menjalankan tugas sehari-harinya di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru maka supervise pengajaran harus dilakukan secara efektif antara lain dengan pertemuan antar kelas pelaksanaan evaluasi dan pemberian penghargaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan langsung dan tidak langsung antara supervisi kepala sekolah dengan motivasi kerja kinerja guru dan prestasi belajar siswa pada SD Negeri di Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian supervei tipe korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif dengan SEM AMOS 4.0.1. Ferdinand (2005). Data terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis SEM. Subyek yang dijadikan populasi adalah guru SD Negeri se Kabupaten Barru sejumlah 1.329 orang. Dari populasi tersebut kemudian ditentukan sampel sebanyak 297 0rang. Hasil analisis deskriptif masing-masing variabel penelitian menunjukkan kategori baik. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah motivasi kerja kinerja guru dan prestasi belajar siswa memiliki hubungan yang bersifat positif dan signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga dalam penelitian ini seluruh hipotesis diterima dan dapat dibuktikan kebenarannya. Berdasarkan temuan penelitian disarankan (1) Bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Barru hasil penelitian ini dijadikan dasar dalam meningkatkan mutu supervisor supaya bisa terus ditingkatkan sehingga tercapai prestasi belajar siswa yang lebih baik dibandingkan prestasi pada tahun-tahun sebelumnya.(2) Hendaknya Pemerintah Kabupaten Barru dapat membuat peraturan pemerintah daerah dalam penyeleksian sebagai supervisor sehingga supervisi di kabuapten Barru dapat lebih meningkat sehingga tercapai mutu pendidikan yang lebih baik. (3). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru hendakanya lebih merespon lembaga-lembaga kajian pendidikan yang ingin melaksanakan seminar-seminar ilmiah utama dalam hal kajian-kajian supervisi. (4) Dinas Pendidikan Kabupaten Barru seharusnya melaksanakan pelatihan bagi guru-guru yang sudah waktunya untuk menjadi supervisor.(5) Bagi supervisor supaya dapat melakukan perkunjungan kelas lebih intensif dengan jalan lebih meningkat komunikasi tatap muka.(6) Kepada para kepala Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Barru hendaknya dalam pembuatan program untuk peningkatan prestasi belajar siswa perlu memperhatikan program supervisi yang kontinyu dan memperhatikan pula motivasi kerja para guru serta kinerja guru yang dipimpinnya.(7) Kepada para guru SD Negeri di Kabupaten Barru disarankan untuk terus berupaya meningkatkan kemampuanya dengan cara memutakhirkan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki hal itu bisa dilakukan dengan cara mengikuti pendidikan dan pelatihan mengikuti kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan bidang tugasnya lokakarya seminar dan lain sebagainya secara intensif.(8)Untuk peningkatan prestasi belajar siswa perlu di dukung oleh tingkat kinerja yang baik begitu pula dengan supervisi pengajaran harus di dukung dengan motivasi yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang baik.(9) Kepada para peneliti yang tertarik untuk mengkaji dalam bidang ini disarankan untuk melakukan penelitian yang serupa dengan menambahkan variabel lain yaitu variabel iklim sekolah dan menggunakan alat analisis yang berbeda. .
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63810 |
Actions (login required)
View Item |