Buchori, Achmad (2017) Pengaruh strategi pembelajaran berbantuan mobile augmented reality dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan spasial mahasiswa / Achmad Buchori. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Buchori A. 2017. Pengaruh StrategiPembelajaranBerbantuanMobile Augmented Reality Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Spasial Mahasiswa. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (III) SaidaUlfa M.Edu. Ph.D. Kata Kunci Pembelajaran Direct Instruction dengan MAR Pembelajaran Direct Instruction dengan non MAR Motivasi Berprestasi Hasil Belajar Kognitif dan Spasial Pembelajaran geometri di perguruan tinggi menekankan ketrampilan mahasiswa dalam membuat sketsa atau gambar baik geometri datar geometri ruang yang dilakukan secara manual dan berbasis teknologi terbarukan kemudian mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran Direct Instruction dengan MAR pembelajaran Direct Instruction dengan non MAR dengan melibatkan motivasi berprestasi mahasiswa untuk meraih hasil belajar kognitif dan spasial yag baik. Desain penelitian menggunakan non equivalent control grupdesign dengan rancangan faktorial 2x3. Subjek penelitian diambil secara cluster random sampling yakni terdiri dari mahasiswa program studi pendidikan matematika semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Data hasil penelitian dianalisis dengan t-test for Equality of Means dan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) Hasildaripenelitianpengaruhstrategi direct instruction danmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarkognitifdanspasialsebaiberikut (1) Terdapatperbedaanhasilbelajarkognitif yang signifikanantarakelompokmahasiswa yang diberiperlakuandenganstrategipembelajaran direct instruction dengan MAR dankelompokmahasiswa yang diberidenganperlakuanstrategipembelajaran direct instruction dengan non MAR. (2) Terdapatperbedaanhasilbelajarhasilbelajarkogntif yang signifikanantarakelompokmahasiswa yang memilikimotivasiberprestasitinggi sedang danrendah. (3) Terdapatinteraksiantarastrategipembelajarandanmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarhasilbelajarkognitif. (4) Terdapatperbedaanhasilbelajarspasial yang signifikanantarakelompokmahasiswa yang diberiperlakuandenganstrategipembelajaran direct instruction dengan MAR dankelompokmahasiswa yang diberidenganperlakuanstrategipembelajaran direct instruction dengan non MAR. (5) Terdapatperbedaanhasilbelajarspasial yang signifikanantarakelompokmahasiswa yang memilikimotivasiberprestasitinggi sedangdanrendah. (6) Terdapatinteraksiantarastrategipembelajarandanmotivasiberprestasiterhadaphasilbelajarspasial. Diharapkandosenmatakuliahgeometri agar dapatmempertimbangkanstrategipembelajarandirect instruction dengan MAR sebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmahasiswapadapembelajarandirect instruction dengan MAR kegiatanpembelajarannyaberlangsungsecarakolaboratifdalamkelompok yang heterogen untukitudosensebagaifasilitatordituntutuntukmeluangkanwaktusemaksimalmungkindalammenciptakansuasanabelajar yang menarikdanbermakna.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |