Pengembangan bahan ajar pendidikan Budi Pekerti melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar / Benediktus Kasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pendidikan Budi Pekerti melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar / Benediktus Kasa

Kasa, Benediktus (2017) Pengembangan bahan ajar pendidikan Budi Pekerti melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar / Benediktus Kasa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN BUDI PEKERTI MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR Benediktus Kasa Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Email benediktus_kasa yahoo.com ABSTRAK Kasa Benediktus. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Budi Pekerti Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Ddisertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (III) Dr. A. Y. E. Toenlioe M.Pd. Kata-kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Budi Pekerti. Pendidikan budi pekerti diajarkan di sekolah agar peserta didik dalam segala sikap dan perilakunya mencerminkan nilai budi pekerti yang luhur dan beradab dalam kehidupan sehari-hari. Fakta di sekolah dasar menunjukkan bahwa pembelajaran yang terjadi di kelas tidak memperlihatkan pendidikan budi pekerti tetapi lebih menunjukkan pengajaran. Indikasinya bahwa (1) desain silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di buat guru cenderung berpusat pada guru bukan pada siswa (2) kegiatan belajar mengajar yang terjadi sering tidak kontekstual dengan kehidupan siswa (3) metode pembelajaran yang dilakukan cenderung ceramah tunggal (4) sering tampak perilaku sikap yang menyimpang dari pada siswa seperti ucapan tidak jujur kurang menghormati guru dan sesama siswa tidak bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru (5) bahkan sekolah yang bersangkutan sampai dengan saat ini belum menerapkan pembelajaran maksimal tentang pendidikan budi pekerti melalui pembelajaran IPS di sekolah. Dengan demikian perlu dikaji melalui penelitian pengembangan bahan ajar pendidikan budi pekerti melalui pembelajaran mata pelajaran IPS di SDK St Arnoldus Penfui Kecamatan Maulafa Kota Madya Kupang. Tujuan penelitian untuk menghasilkan bahan ajar pendidikan budi pekerti melalui pembelajaran mata pelajaran IPS. Hasil pengembangan secara konseptual menurut penilaian/tanggapan ahli rancangan ahli isi dan guru berdasarkan analisis faliditas menunjukkan produk pengembangan yang dihasilkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pendidikan budi pekerti yang diintegrasikan melalui pembelajaran mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Dari 5 orang siswa subjek uji coba lapangan diperoleh hasil rerata 3 61 dikategorikan nilai sesuai untuk dilaksanakan pada siswa kelas V. Dari 28 orang siswa subjek uji coba lapangan diperoleh hasil rerata 3 72 dikategorikan nilai sesuai untuk dilaksakan pada siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63721

Actions (login required)

View Item View Item