Koroh, Taty Rosiana (2017) Pengaruh metode pembelajaran pemecahan masalah vs metode curah pendapat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA mahasiswa PGSD FKIP Undana Kupang / Taty Rosiana Koroh. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Koroh Taty. R. 2016. Pengaruh Metode Pemecahan Masalah vs Metode Curah Pendapat dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajarMahasiswa PGSD FKIP Undana Kupang. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof DrPunad-jiSetyosari. M. Pd. M. Ed. Pembimbing (2) Prof Dr I NyomanSudanaDe-geng. M. Pd. (3) Dr I WayanDasna. M. Si. M. Ed Kata Kunci problem solving brainstorming motivasi belajar hasil belajar. Pencapaian hasil belajar mahasiswa terkait dengan penggunaan metode pembelajaran dan motivasi belajar. Masalah yang dihadapidalampembelajaran IPA di PGSD FKIP UNDANA adalah penggunaanmetodepembelajaran yang bersifatteacher centereddankurangnyakeaktifanmahasiswadalampembelajaran. Untukitudiperlukanperubahandalampembelajaran. Perubahandaripembelajaran-bersifatteacher centeredmenjadibersifatstudent centered sehinggadapatmening-katkankeaktifanmahasiswa. Tujuandaripenelitianiniadalah 1)mengujiperbedaan hasil belajar mahasiswa dalam penerapan metode problem solving dan metode brainstroming. 2)mengujiperbedaan motivasi belajar antara mahasiswa mahasiswa yang bermotivasi tinggi dengan mahasiswa yang bermotivasi rendah. 3) menguji interaksi antara metode problem solving dengan metode brainstroming terhadap motivasi dan hasil belajar. Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sebelum digunakan instrumen divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas tes menunjukkan nilai alpha cronbach s sebesar 0. 573 sedangkan validasi isi yakni 87% dan layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitianfactorial design secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan kelompok kontrol yang versi faktorial 2x2 pretest-post test nonequivalent control group design. Subjekpenelitianberjumlah 50 orang. Terbagidalamduakelas mahasiswa semester III tahunangkatan 2015/2016 PGSD FKIP UNDANA. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) deskripasi data (2) Uji asumsi dan (3) uji hipotesis penelitian yang dilakukan dengan teknik analisis statistik ANAVA dua jalur (2x2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran prob-lem solving dan metode pembelajaranbrainstormingdimanaF sebesar 27.071 dan nilai signifikansi .000 sehingga sig p .0.05dannilai mean nilai rerata dari metode problem solving yakni 69.739 dan metode brainstorming 67.323.2)terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi dan mahasiswa bermotivasi belajar rendah dengannilai F sebesar 75.389 nilai signifikansi (sig .000 p .0.05).3). Terdapatinteraksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajarpada hasil belajar kognitif dikarenakan sig .039
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |