Pengaruh pengorganisasian buku teks pelajaran IPS disertai epitome, rangkuman dan locus of control terhadap prestasi belajar siswa SD di Kabupaten Nganjuk / Mokhamad Khusnul Ma'arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengorganisasian buku teks pelajaran IPS disertai epitome, rangkuman dan locus of control terhadap prestasi belajar siswa SD di Kabupaten Nganjuk / Mokhamad Khusnul Ma'arif

Ma'arif, Mokhamad Khusnul (2017) Pengaruh pengorganisasian buku teks pelajaran IPS disertai epitome, rangkuman dan locus of control terhadap prestasi belajar siswa SD di Kabupaten Nganjuk / Mokhamad Khusnul Ma'arif. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma arif Mokhamad Khusnul. 2016 Pengaruh Pengorganisasian Buku Teks Pelajaran IPS Disertai Epitome Rangkuman dan Locus of control Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD di Kabupaten Nganjuk Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof.Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed (II) Dr.H. Sulton M.Pd (III) Dr. Sihkabuden M.Pd Kata Kunci pengorganisasian buku teks pelajaran epitome rangkuman Locus of control prestasi belajar. Buku teks pelajaran adalah buku yang dirancang untuk tujuan pembelajaran pengorganisasian buku teks pelajaran akan mempengaruhi tingkat keterbacaan dan pemahaman isi buku teks pelajaran. Pelajaran IPS yang memiliki cakupan materi yang luas perlu buku teks pelajaran yang dapat membantu memudahkan siswa untuk lebih menguasai dan memahami materi pelajaran buku teks pelajaran yang disertai epitome dan atau rangkuman merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu siswa untuk lebih mudahkan memahami dan menguasai materi pelajaran dalam buku teks tersebut. Peningkatan prestasi belajar banyak hal yang mempengaruhinya sejalan dengan kerangka konsep ATI atribut psikologis yang diduga ikut mempengaruhi prestasi belajar Pada konteks penelitian ini adalah Locus of control. Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi buku teks pelajaran IPS dengan menggunakan epitome dengan yang menggunakan rangkuman dan menguji perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang memiliki Locus of control Eksternal dengan siswa yang memiliki Locus of control Internal serta menganalisa pengaruh interaksi antara strategi pengorganisasian buku teks pelajaran IPS dan Locus of control terhadap prestasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design Variabel-variabel dalam penelitian adalah strategi pengorganisasian buku teks pelajaran dengan penyajian Epitome dan pemberian Rangkuman Locus of control serta hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 dari SDN Baron 1 dan SDN Baron 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas 5 dari SDN Lengkong 1 dan SDN Lengkong 2 sebagai kelompok eksperimen kelompok kontrol adalah sekolah yang diberi pembelajaran dengn buku teks pelajaran IPS disertai rangkuman sedangkan kelompok eksperimen yang dipembelajaran dengan buku teks pelajaran IPS disertai epitome. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar dan instrumen IPC-Locus of control Lavensen. Untuk menganalisa data menggunakan ANOVA sedangkan untuk menguji homogenitas apakah varian antar kelompok sama dilakukan dengan uji Levene. Keputusan untuk menyatakan normalitas distribusi dan homogenitas varian data pada taraf signifikasi 95% atau tingkat kekeliruan alpha 0 05. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemberian buku teks pelajaran IPS yang disertai epitome dengan buku teks pelajaran IPS yang disertai rangkuman tidak ada perbedaan yang signifikan. Hal itu berdasarkan hasil pengujian stastistik bahwa Sig (2 tailed) 0.000 karena probabilitas kurang dari 0.05 maka Ho ditolak menerima Ha yang berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi buku teks pelajaran IPS disertai epitome dengan siswa yang diberi buku teks pelajaran IPS disertai rangkuman. Pada dimensi Locus of control menghasilkan keputusan ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPS antara kelompok siswa yang memiliki Locus of control Eksternal dengan kelompok siswa yang memiliki Locus of control Internal hal itu dilihat dari analisis bahwa nilai sig 0 633 0 05 Menolak Ho dan menerima Ha yakni ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki Locus of control Internal dan Locus of control eksternal. Sedangkan untuk pengaruh interaksi antara strategi pengorganisasian buku teks pelajaran IPS dan Locus of control terhadap prestasi belajar menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang memiliki Locus of control internal lebih unggul dibanding dengan siswa yang memiliki Locus of control ekternal dan prestasi belajar siswa yang berLocus of control internal akan lebih baik jika pengorganisasian buku teks pelajaran IPS dengan disertai rangkuman dan siswa yang memiliki Locus of control eksternal lebih baik prestasi belajarnya jika pengorganisasian buku teks pelajaran IPS dengan disertai epitome.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63709

Actions (login required)

View Item View Item