Koten, Angelikus Nama (2017) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran langsung dan keaktifan belajar terhadap kecakapan akademik pebelajar kelas V SDK STA. Maria Assumpta Kupang / Angelikus Nama Koten. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Koten Angelikus Nama 2016 Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pembelajaran Langsung dan Keaktifan Belajar terhadap Kecakapan Akademik Pebelajar Kelas V SDK Sta. Maria Assumpta Kupang. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed Pembimbing II Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd Pembimbing III Dr. Sihkabuden M.Pd Kata kunci Pembelajaran berbasis masalah pembelajaran langsung keaktifan belajar kecakapan akademik Paradigma pembelajaran yang dianut oleh guru sebagai pembelajar tampak pada strategi pembelajaran yang diterapkan dalam mengelola pembelajaran. Penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat jarang melibatkan pebelajar secara aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran yang cenderung monoton akan berpengaruh terhadap hasil belajar pebelajar pada mata pelajaran yang dipelajari. Pada jenjang pendidikan dasar umumnya para pembelajar cenderung menerapkan strategi pembelajaran langsung di mana aktivitas pembelajaran berpusat pada pembelajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar pebelajar. Agar pebelajar dapat terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran maka pembelajar hendaknya mampu memilih dan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memotivasi pebelajar lebih aktif belajar untuk meningkatkan kecakapan akademiknya. Pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berpusat pada pebelajar karena dapat mengaktifkan pebelajar memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk mengkonstruksi pengetahuan sendiri dan memberi peluang bagi pebelajar untuk bekerja sama dalam mencari dan menemukan pengetahuan serta memecahkan suatu masalah. Di samping penerapan strategi pembelajaran terdapat sejumlah faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil pembelajaran. Salah satu faktor di antaranya adalah keaktifan belajar. Keaktifan belajar merupakan motor penggerak utama dalam kegiatan belajar maupun pembelajaran. Para pebelajar dituntut untuk aktif secara fisik intelektual dan emosional. Implikasi prinsip keaktifan belajar terwujud pada perilaku-perilaku seperti mencari sumber pengetahuan atau informasi yang dibutuhkan mengadakan tanya jawab dan diskusi melakukan percobaan membuat laporan atau karya tulis dan sebagainya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh utama dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap kecakapan akademik pebelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap kecakapan akademik pebelajar Kelas V SD. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian versi nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah pebelajar kelas V SDK Sta. Maria Assumpta Kupang berjumlah 102 orang (3 kelas). Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik sampel kelompok acak di mana yang diacak adalah kelas-kelas. Data yang dikumpulkan diolah dengan statistik inferensial menggunakan teknik analisis varian (Anava) dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kecakapan akademik antara kelompok pebelajar yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan kelompok pebelajar yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung (2) ada perbedaan kecakapan akademik antara kelompok pebelajar yang memiliki keaktifan belajar tinggi dengan kelompok pebelajar yang memiliki keaktifan belajar rendah dan (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran (pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung) dan keaktifan belajar (keaktifan belajar tinggi dan keaktifan belajar rendah) terhadap kecakapan akademik pebelajar. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada para guru sebagai pembelajar agar mencoba menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok dalam mata pelajaran tertentu sesuai dengan karakteristik materi yang dipelajari. Selain itu para pembelajar hendaknya memperhatikan karakteristik pebelajar dengan mengkondisikan keaktifan dan kemandirian pebelajar terlebih dahulu sehingga penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat berlangsung dengan lancar dan mencapai hasil belajar secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |