Pengaruh model pembelajaran peta pikiran vs studi lapangan, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan menulis karya ilmiah geomorfologi mahasiswa pendidikan geografi / Ignasius Suban Angin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran peta pikiran vs studi lapangan, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan menulis karya ilmiah geomorfologi mahasiswa pendidikan geografi / Ignasius Suban Angin

Angin, Ignasius Suban (2017) Pengaruh model pembelajaran peta pikiran vs studi lapangan, dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan menulis karya ilmiah geomorfologi mahasiswa pendidikan geografi / Ignasius Suban Angin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Angin Ignasius Suban 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran Vs Studi Lapangan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Geomorfologi Mahasiswa Pendidikan Geografi Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (III) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo M.Pd. Kata kunci model pembelajaran peta pikiran studi lapangan motivasi berprestasi hasil belajar kognitif kemampuan menulis karya ilmiah makalah geomorfologi. Model pembelajaran peta pikiran merupakan salah satu model alternatif yang efektif dan efisien bagi mahasiswa Pendidikan Geografi dalam memahami fakta konsep prinsip dan prosedur dalam pembelajaran geomorfologi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang difasilitasi model pembelajaran berbasis peta pikiran dengan model pembelajaran berbasis studi lapangan (2) menguji perbedaan hasil belajar kognitif antara mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) menguji ada tidaknya interaksi antara model pembelajarandengan motivasi berprestasi pada hasil belajar kognitif (4) menguji perbedaan hasil belajar keterampilan menulis karta ilmiah makalah antara mahasiswa yang difasilitasi dengan model pembelajaran berbasis peta pikiran dan pembelajaran berbasis studi lapangan (5) menguji perbedaan hasil belajar keterampilan menulis karya ilmiah makalah antara mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (6) menguji ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi pada hasil belajar keterampilan menulis karya ilmiah makalah. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan model rancangan nonequivalent control group design yang menggunakan rancangan faktorial 2 2. Subyek penelitian adalah 65 mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi. Data hasil penelitian dilakukan dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) hasil belajar kognitif mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis peta pikiran lebih unggul (rerata 79) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis studi lapangan (rerata 72) (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (rerata 77) dengan mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (rerata 74) (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi pada hasil belajar kognitif (4) penggunaan model pembelajaran berbasis peta pikiran lebih unggul (rerata 76) dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis studi lapangan (rerata 75) pada hasil belajar keterampilan menulis karya ilmiah makalah (5) ada perbedaan hasil belajar keterampilan menulis karya ilmiah makalah yang signifikan antara mahasiswa dengan motivasi berprestasi tinggi (rerata 77) dan mahasiswa dengan motivasi berprestasi rendah (rerata73). dan (6) tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi pada hasil belajar keterampilan menulis karya ilmiah makalah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63698

Actions (login required)

View Item View Item