Perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis web vs teks dalam belajar mandiri pada mata pelajaran kewirausahaan yang memiliki self-efficacy berbeda / Haris Lifiatno - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis web vs teks dalam belajar mandiri pada mata pelajaran kewirausahaan yang memiliki self-efficacy berbeda / Haris Lifiatno

Lifiatno, Haris (2012) Perbandingan prestasi belajar siswa yang menggunakan media berbasis web vs teks dalam belajar mandiri pada mata pelajaran kewirausahaan yang memiliki self-efficacy berbeda / Haris Lifiatno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Belajar mandiri self-Efficacy dan prestasi belajar. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sejalan dengan perkembangan teknologi informasi salah satunya adalah penerapkan belajar mandiri pada siswa. Siswa dalam belajar mandirinya ini menggunakan strategi belajar yang dibantu dengan media berbasis website atau online learning. Strategi belajar mandiri berbasis web atau website adalah pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dan web yang berpusat pada siswa segala kegiatan mulai dari menyusun jadwal rencana belajar pencarian bahan ajar monitoring perkembangan sampai pada evaluasi dilakukan siswa secara mandiri. Faktor lain yang dapat memberikan pengaruh peningkatan prestasi belajar siswa adalah self-efficacy belajar self-efficacy belajar dalam penelitian ini adalah keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam mencapai standar kompetensi atau target mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan sejauh mana pengaruh vari-abel utama strategi belajar mandiri yang menggunakan media berbasis website terhadap prestasi belajar siswa (2) menjelaskan pergaruh self-efficacy belajar terhadap prestasi belajar siswa (3) menjelaskan pengaruh interaksi variabel utama yaitu strategi belajar mandiri yang menggunakan media berbasis website dengan self-efficacy belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 4 Jember. Analisis statistik yang dipergunakan dalam penelitian adalah Analisis Varian Duaa Jalur atau two ways anova yang dilakukan terhadap siswa kelas X di SMK Negeri 4 Jember yang berjumlah 184 siswa sebagai subyek penelitian yang terbagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 92 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 92 orang siswa adapun teknik penentuan subyek penelitian dilakukan dengan cara random. Data yang telah dikumpulkan diolah secara statistik dengan menggunakan eksperimen faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan strategi belajar mandiri yang menggunakan media berbasis web dengan kelompok siswa belajar mandiri yang menggunakan media berbasis teks (2) ada perbedaan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan yang signifikan antara siswa yang memiliki self-efficacy belajar tinggi dengan siswa yang memiliki self-efficacy belajar rendah (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara strategi belajar mandiri yang menggunakan media (berbasis web vs teks) dan self-efficacy belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan pada SMK Negeri 4 Jember. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan strategi belajar mandiri dengan media berbasis web atau website berpengaruh secara signfikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 4 Jember. Demikian pula self-efficacy belajar yang dimiliki oleh siswa dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63589

Actions (login required)

View Item View Item