Mukhid, Abd. (2012) Pengaruh strategi pembelajaran dan tingkat self-efficacy terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan aplikasi konsep metodologi penelitian / Abd. Mukhid. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci konstruktivistik konvensional self-efficacy hasil belajar Dalam proses pembelajaran ada sebagian besar pebelajar yang merasa sulit belajar metodologi penelitian sehingga tidak tertarik belajar. Tidak adanya ketertarikan pebelajar dapat disebabkan oleh bentuk pembelajarannya yaitu pembelajaran konvensional. Pembelajaran yang baik akan menempatkan pembelajar sebagai pengelola dan fasilitator dalam pembelajaran bukan sebagai satu-satunya pemberi informasi. Untuk mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran konvensional perlu dikembangkan strategi pembelajaran konstruktivistik yang memperhatikan ide-ide pebelajar sudut pandang pebelajar keaktifan pebelajar dan yang dapat memudahkan pebelajar dalam belajar. Tujuannya adalah untuk dapat mengajarkan kepada para pebelajar secara efektif tentang bagaimana cara membangun pemahaman dan kemampuan aplikasi konsep yang sesuai. Selain strategi pembelajaran hal lain yang juga perlu mendapat perhatian pembelajar dalam pembelajaran adalah karakteristik pebelajar dimana termasuk didalamnya adalah motivasi. Salah satu sumber motivasi adalah tingkat self-efficacy. Tingkat self-efficacy merupakan tingkatan kepercayaan atau keyakinan yang dimiliki individu untuk melakukan rangkaian tindakan atau mencapai hasil tertentu. Sejauhmana pengaruh utama dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan tingkat self-efficacy terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan aplikasi konsep metodologi penelitian hal inilah yang diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan dan interaksi di antara variabel yaitu (1) perbedaan hasil belajar pemahaman konsep metodologi penelitian antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran konstruktivistik dan konvensional (2) perbedaan hasil belajar pemahaman konsep metodologi penelitian antara kelompok pebelajar yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi dan rendah (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat self-efficacy terhadap hasil belajar pemahaman konsep metodologi penelitian (4) perbedaan hasil belajar aplikasi konsep metodologi penelitian antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran konstruktivistik dan konvensional (5) perbedaan hasil belajar aplikasi konsep metodologi penelitian antara pebelajar yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi dan rendah (6) interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat self-efficacy terhadap hasil belajar aplikasi konsep metodologi penelitian. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group dengan menerapkan desain faktorial 2x2. Subyek penelitian adalah pebelajar semester IV tahun akademik 2010/2011 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) jenjang S1 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan yang terdiri dari empat kelas sebesar 120 orang. Subyek penelitian diambil secara acak dimana yang diambil acak adalah kelas. Subyek penelitian ditetapkan dua kelas PAI dan dua kelas TBI. Rincian subyek penelitian pada masing-masing kelompok ekperimen dibagi menjadi tiga bagian yakni 27% kelompok atas 46% kelompok sedang dan 27% kelompok rendah. Karena penelitian ini memfokuskan pada kelompok atas dan bawah maka kelompok tengah tidak dimasukkan dalam penelitian ini sehingga dari subyek penelitian yang berjumlah 120 pebelajar diperoleh data dalam penelitian ini sebanyak 64 pebelajar dengan rincian 32 pebelajar kelompok tingkat self-efficacy tinggi dan 32 pebelajar kelompok tingkat self-efficacy rendah. Hasil penelitian diuji dengan uji statistika multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar pemahaman konsep metodologi penelitian antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran konstruktivistik dan konvensional (F 8 912 p 0 004) (2) ada perbedaan hasil belajar pemahaman konsep metodologi penelitian antara kelompok pebelajar yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi dan rendah (F 444 264 p 0 000) (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat self-efficacy terhadap hasil belajar pemahaman konsep metodologi penelitian (F 0 074 p 0 787) (4) ada perbedaan hasil belajar aplikasi konsep metodologi penelitian antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran konstruktivistik dan konvensional (F 38 616 p 0 000) (5) ada perbedaan hasil belajar aplikasi konsep metodologi penelitian antara pebelajar yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi dan rendah (F 701 484 p 0 000) (6) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan tingkat self-efficacy terhadap hasil belajar aplikasi konsep metodologi penelitian (F 0 091 p 0 764). Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada para pembelajar matakuliah metodologi penelitian menggunakan strategi pembelajaran konstruktivistik yang direncanakan dan diterapkan secara tepat. Dengan menggunakan strategi pembelajaran konstruktivistik diharapkan pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |