Hubungan antara rasa keberhasilan bidang akademik (academic self-efficacy) dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) / Najlatun Naqiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara rasa keberhasilan bidang akademik (academic self-efficacy) dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) / Najlatun Naqiyah

Naqiyah, Najlatun (2009) Hubungan antara rasa keberhasilan bidang akademik (academic self-efficacy) dengan prestasi belajar mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) / Najlatun Naqiyah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Naqiyah Najlatun. 2009. Hubungan antara Rasa Keberhasilan Bidang Akademik (Academic Self-Efficacy) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Di bimbing oleh Prof. Dr. Raka Joni M. Sc sebagai Promotor Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A sebagai promotor I dan Dr. Marthen Pali M.Psi sebagai promotor II. Kata kunci academic self-efficacy prestasi belajar underachiever achiever highachiever. Latar belakang penelitian adalah rasa keingintahuan penulis tentang hubungan antara rasa keberhasilan akademik dengan prestasi belajar mahasiswa highachiever achiever dan underachiever di kampus. Rasa keberhasilan di bidang akademik ialah penilaian diri seseorang akan kemampuannya untuk mengorganisir dan menjalankan rangkaian perilaku dalam mencapai tujuan pendidikan. (Bandura 1997). Tujuan penelitian ini membuktikan hubungan antara academic self-efficacy dengan prestasi belajar bagi mahasiswa highachiever achiever dan underachiever. Populasi penelitian adalah mahasiswa fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Surabaya yang terdaftar pada tahun ajaran 2008-2009. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika pendidikan biologi pendidikan fisika dan pendidikan kimia reguler di semester lima dengan teknik total sampling sehingga dalam penelitian ini ditetapkan 154 orang. Hasil analisis deskriptif dan pengujian hipotesis memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut (1) Hasil tabulasi silang (cross-tabulation) antara self-efficacy dengan prestasi belajar pada 154 mahasiswa menerangkan bahwa dari 42 mahasiswa dengan self-efficacy tinggi ada 13 (8 4%) mahasiswa yang berprestasi belajar tinggi dan 5 (3 2%) mahasiswa yang berprestasi belajar rendah. Pada 38 mahasiswa dengan self-efficacy rendah terdapat 9 mahasiswa (5 8%) yang berprestasi rendah dan 8 mahasiswa (5 2 %) berprestasi belajar tinggi (2) Hasil analisis Chi-Square menerangkan hubungan antara rasa keberhasilan dengan prestasi belajar di fakultas MIPA UNESA adalah 7 567 dengan probabilitas 0 109 (lebih besar dari (0 05). Hal ini menerangkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara rasa keberhasilan akademik dengan prestasi belajar di fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ini memiliki implikasi (1) pada para pengajar (dosen) supaya memberikan pembelajaran yang banyak memberikan pengalaman keberhasilan bagi mahasiswa (deep- understanding) (2) pada profesi bimbingan dan konseling khususnya konselor perlu bekerjasama dengan guru untuk melihat isi pembelajaran sehingga bisa memberikan bantuan belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S3 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63489

Actions (login required)

View Item View Item