Widiyati, Suci Wiludjeng (2018) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media CD interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Losari Malang / Suci Wiludjeng Widiyati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii ABSTRAK Widiati S.W. 2018. Penerapan Model PBL Berbantuan Media CD Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Losari Malang. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si Kata Kunci PBL CD Interaktif Kemampuan Berpikir Kritis Hasil Belajar Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal ketika proses pembelajaran IPA di SDN Losari Malang dan hasil uji coba soal kepada siswa di mana kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Pengamatan pada saat guru memberi pertanyaan mengenai materi yang diajarkan hanya enam siswa yang menjawab pertanyaan tersebut. Siswa terlihat belum mampu memberikan jawaban yang mengarah pada berpikir kritis. Sedangkan hasil uji coba soal menunjukkan bahwa siswa kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar kognitif siswa yang masih rendah. Permasalahan-permasalahan pada pembelajaran perlu diperbaiki dengan menciptakan pembelajaran yang inovatif bermakna dan menarik bagi siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Losari Malang dengan menerapkan model PBL berbantuan media CD Interaktif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali pertemuan tes. Setiap siklus dilaksanakan dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Losari Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dengan subjek penelitian sebanyak tiga puluh enam siswa kelas V. Peneliti dibantu oleh satu guru dan satu teman sejawat sebagai observer. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa pedoman observasi hasil belajar ranah afektif dan psikomotor tes tulis kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar angket respon siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan (1) keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I secara klasikal memeroleh nilai ketuntasan sebesar 86 2% dan mengalami peningkatan menjadi 91 7% pada siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan siswa pada siklus I memeroleh nilai 82 3% secara klasikal dan meningkat pada siklus II menjadi 91 7%. (2) peningkatan juga terjadi pada hasil kemampuan berpikir kritis yaitu 61 1% pada siklus I menjadi 88 9% pada siklus II. (3) Hasil belajar ranah kognitif siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 52 8% pada siklus I meningkat menjadi 86 1% pada siklus II. (4) Hasil belajar ranah afektif siswa terjadi peningkatan dari 36 1% pada siklus I menjadi 84 3% pada siklus II. (5) peningkatan juga terjadi pada hasil belajar ranah psikomotor dimana hasil ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 55 5% meningkat menjadi 88 9 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan selama penelitian yaitu penerapan model PBL berbantuan media CD Interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63327 |
Actions (login required)
View Item |