Sari, Candra Septi Retno (2018) Integrasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Kauman I Kota Malang / Candra Septi Retno Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Candra Septi Retno. 2018. Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SDN Kauman I Kota Malang. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Utami Widiati M.A. Ph.d (II) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd Kata Kunci PPK PPK berbasis budaya sekolah Integrasi PPK berbasis budaya sekolah Program penguatan pendidikan karakter (PPK) adalah program terbaru yang dicanangkan oleh pemerintah sejak awal tahun 2017. Salah satu basis gerakan PPK adalah PPK berbasis budaya sekolah yang dapat dilakukan melalui kegiatan rutin kegiatan terprogram keteladanan dan kegiatan spontan. SDN Kauman I merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai sekolah rujukan PPK. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji proses pengintegrasian PPK berbasis budaya sekolah di SDN Kauman I mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan evaluasi dan hambatan-hambatan yang dialami saat proses pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk menggali informasi dari berbagai sumber mengenai proses perencanaan pengintegrasian nilai-nilai penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Kauman I Kota Malang mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan evaluasi dan hambatan yang ditemui selama proses pelaksanaan. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian secara langsung di SDN Kauman I dalam kurun waktu tertentu hingga data yang diperoleh bersifat jenuh. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa SDN Kauman I Kota Malang sudah melaksanakan tahapan-tahapan perencanaan program PPK berbasis budaya sekolah sesuai dengan aturan pemerintah yaitu (a) menentukan nilai utama PPK sebagai branding sekolah (b) menyusun jadwal harian dan mingguan (c) mendesain kurikulum sekolah (d) evaluasi peraturan sekolah (e) pengembangan tradisi sekolah (f) pengembangan kokurikuler dan (g) pengembangan ekstrakurikuler. Sekolah juga sudah melakasanakan setiap program yang disusun yaitu pembiasaan rutin (harian dan mingguan) kegiatan terprogram dan keteladanan dengan kontinu hanya ada beberapa saja yang tidak dilaksanakan sesuai jadwal yaitu budaya 5S di gerbang sekolah menyanyikan lagu daerah berdoa sepulang sekolah dan upacara bendera. Evaluasi program juga belum dilaksanakan secara terstruktur oleh kepala sekolah dan tim koordinator PPK hanya menggunakan catatan pelanggaran melalui buku BK saja. Hambatan dalam pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah di SDN Kauman I adalah dibutuhkannya kesabaran yang ekstra dari para guru untuk mendidik dan menanamkan nilai karakter pada siswa. Peneliti menyarankan pada kepala sekolah guru dan siswa agar selalu melaksanakan kegiatan PPK sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan melakukan evaluasi program sesuai dengan panduan yang telah diberikan oleh pemerintah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63303 |
Actions (login required)
View Item |