Basuki, Endra Ribut (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe One Stray-Fan N Pick Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Serta Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadisuko 1 Kabupaten Trenggalek / Endra Ribut Basuki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Basuki Endra Ribut. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe One Stray-Fan N Pick Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Serta Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadisuko 1 Kabupaten Trenggalek. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Drs. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci one stray-fan n pick keterampilan sosial hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV A SD Negeri Ngadisuko 1 Trenggalek diketahi bahwa keterampilan sosial siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya bentuk kerja sama antar siswa dalam diskusi kelompok untuk memecahkan masalah. Siswa masih belajar secara individu hanya mau berkomunikasi dengan siswa tertentu dan kurangnya rasa empati terhadap hasil diskusi kelompok lain. Hasil belajar siswa juga rendah yang ditunjukkan dengan adanya hasil ulangan harian dan UTS siswa pada muatan IPS yang menunjukkan bahwa sebanyak 33 33% siswa tuntas belajar (di atas KKM) sedangkan 66 67% siswa belum tuntas belajar (di bawah KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV A pada muatan IPS di SD Negeri Ngadisuko 1 Trenggalek melalui penerapan model pembelajaran One Stray-Fan N Pick. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni tahap perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV A SD Negeri Ngadisuko 1 Trenggalek tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi tes angket (kuesioner) wawancara dan dokumen. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran One Stray-Fan N Pick terdapat peningkatan sebesar 18 54% yakni dari 76 9% pada siklus I meningkat menjadi 95 44% pada siklus III. Hasil angket keterampilan sosial juga menunjukkan adanya peningkatan yakni nilai rata-rata keterampilan sosial siswa secara klasikal meningkat dari 59 15% di siklus I menjadi 66 25% di siklus II hingga pada siklus III menjadi 81 17%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 33 3% pada prasiklus menjadi 52 38% pada siklus I kemudian meningkat kembali menjadi 76 19% pada siklus II serta mengalami peningkatan kembali pada siklus III menjadi 90 47%. Peningkatan tersebut didukung dengan pernyataan siswa melalui hasil wawancara kepada siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa merasa senang belajar dengan menggunakan kartu soal melalui model pembelajaran One Stray-Fan N Pick. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran One Stray-Fan N Pick dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar muatan IPS siswa. Saran yang dapat diajukan yaitu guru-guru hendaknya menerapkan model pembelajaran One Stray-Fan N Pick dalam proses pembelajaran IPS di sekolah. Selain itu bagi peneliti lain hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai acuan penelitian sejenis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63286 |
Actions (login required)
View Item |