Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita pecahan / Lilik Muarrafah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita pecahan / Lilik Muarrafah

Muarrafah, Lilik (2018) Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita pecahan / Lilik Muarrafah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Muarrafah Lilik. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Dr. Sudirman M.Si. Kata Kunci Analisis Kesalahan Soal cerita pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang kesalahan yang dilakukan siswa SD/MI dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan peneliti menggunakan tahapan prosedur Newman. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah pecahan. Siswa diminta mengerjakan soal cerita pecahan yang berjumlah 3 soal bentuk uraian kemudian dilakukan wawancara untuk menggali lebih dalam lagi tetntang kesalahan yang dilakukan siswa. Analisis kesalahan yang digunakan pada penelitian ini berdasarkan prosedur Newman yang terdiri dari kesalahan membaca (reading error) kesalahan memahami (comprehension error) kealahan transformasi (transformation error) kesalhan keterampilan proses (proces skill error) kesalahan penulisan akhir (encoding error). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Sudimoro. Subjek penelitian dipilih adalah 3 siswa dari siswa kelas V yang terdiri dari 25 orang siswa. Hal ini dilakukakan karena siswa kelas V sudah menerima materi pecahan pada kelas IV dan V pada semester 1. Untuk memilih subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan lembar tes secara individu. Lembar tes sebanyak 3 item soal materi pecahan Dari hasil pekerjaan siswa dipilih 3 subjek penelitian berdasarkan kriteria serta dilakukan wawancara untuk mengetahui alasan-alasan dari jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada tahap membaca (reading error) S1 salah menginterpretasikan kalimat yang ada pada soal no 2c S1 tidak dapat menuliskan apa yang diketahui dalam soal. S2 tidak membaca dengan lengkap pertanyaan soal no 2e dan S3 kurang teliti dalam membaca sehingga salah mendapatkan informasi pada soal 1c. (2) kesalahan subjek dalam memahami (comprehension error) S2 pada soal 1c dan S1 pada soal 2ef kurang memahami bahasa atau kalimat yang dimaksud dalam soal. Subjek manafsirkan menurut logika pemikiran mereka dan langsung mengerjakan tanpa memperhatikan dengan seksama maksud dan tujuan pertanyaan. Sedangka n S3 kurang memehami konsep pecahan pada soal 2cdef (3) kesalahan subjek dalam tahap transformasi (transformation error) S2 menuliskan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan namun tidak benar dikarenakan pengurangannya yang salah. (4) kesalahan subjek dalam tahap ketrampilan (process skill error) S1 melakukan perhitungan penjumlahan dengan menjumlah pembilang dan menjumlah penyebutnya pada soal 1e S3 kurang terampil dalam melakukan perhitumgan pada soal no.3 (5) Kesalahan subjek dalam tahap (encoding error) S1 tidak berfokus pada pertanyaan soal no 3 subjek dapat menghitung data yang diperlukan untuk menyelesaikan soal tetapi tidak dapat menuliskan hasil akhir dengan tepat. ii ABSTRACK Muarrafah Lilik. 2018. Error Analysis of Elementary Students in Finalizing Fractional Stories. Thesis. Basic Education Program Magister Program State University of Malang. Advisor (1) (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (2) Dr. Sudirman M.Si. Keywords Error Analysis Problem fractional story. This study aims to describe in depth about mistakes made by elementary / MI students in solving the problem of fractional stories. To describe the student s mistake in solving the fraction story the researcher uses the stages of Newman s procedure. The material used in this research is fractional. Students are asked to work on the problem of fractional stories that amounted to 3 forms of description then conducted interviews to dig deeper again errors made by students. Error analysis used in this research is based on Newman procedure consisting of reading error comprehension error transformation error proces skill error encoding error. The type of this research is descriptive research that is qualitative. This research was conducted in MI Miftahul Ulum Sudimoro. The selected research subjects were 3 students from grade V students consisting of 25 students. This is done because grade V students have received fractional materials in class IV and V in semester 1. To select the subject of research all students of class V of 25 students are given the opportunity to work on individual test sheets. Sheet test as much as 3 items about fractional material From the results of student work selected 3 research subjects based on the criteria and conducted interviews to determine the reasons of student answers. The result of the research shows that (1) in the reading phase S1 misinterpret the sentence in question 2c S1 can not write what is known in the problem. S2 does not read complete questions about no 2e and S3 less thorough in reading so that one gets the information on the 1c problem. (2) the subject error in understanding (comprehension error) S2 on problem 1c and S1 on problem 2ef less understanding of language or sentence in question. Subjects are interpreted according to their logic of thought and work directly without paying close attention to the intent and purpose of the question. As for n S3 less understanding of the concept of fractions on the 2cdef problem (3) the subject error in the transformation error (S2) write down the answer in accordance with the question but not true because of the wrong reduction. (4) the subject error in the skill phase S1 performs the sum calculation by summing the numerator and sums the denominator in question 1e the S3 is less skilled in doing the pertitumgan on the question no.3 (5) The subject error in the (S1) encoding error not focusing on the question of no 3 the subject can calculate the data needed to solve the problem but can not write the final result properly.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63285

Actions (login required)

View Item View Item