Pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial pada materi IPS kelas IV di SDN Garum di Kabupaten Blitar / Achmad Ryan Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial pada materi IPS kelas IV di SDN Garum di Kabupaten Blitar / Achmad Ryan Fauzi

Fauzi, Achmad Ryan (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial pada materi IPS kelas IV di SDN Garum di Kabupaten Blitar / Achmad Ryan Fauzi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fauzi Achmad Ryan. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Sainitfik Bermuatan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Pada Materi IPS Kelas IV di SDN Garum 01 Kabupaten Blitar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. H.M. Zainuddin M.Pd (2) Dr. Rosyid Al Atok M.Pd M.H. Kata Kunci discovery learning pendekatan saintifik rasa ingin tahu peduli sosial ips Hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Garum 01 Kabupaten Blitar menunjukkan informasi bahwa guru ketika pembelajaran IPS masih kesulitan dalam menerapkan model discovery learning dengan pendekatan saintifik yang beradampak pada belum terbentuknya karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial. Guru selama ini kesulitan dalam menemukan contoh konkret penerapan model discovery learning dengan pendekatan saintifik. Sehingga mereka sangat membutuhkan contoh konkret tersebut. Guna memenuhi kebutuhan guru maka sangat perlu untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang aplikatif dan mudah dipahami oleh guru. Maka dilakukanlah sebuah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang dikembangakan oleh Dick dkk. metode pengembangan tersebut kemudian dimodifikasi dalam sembilan langkah. Produk yang dihasilkan dianalisis kevalidannya dengan analisis gabungan. Analisis gabungan ini diperoleh dengan menggunakan hasil analisis validasi ahli pembelajaran dan teknologi. Setelah melakukan ujicoba diperoleh temuan (1) pada draf produk awal hasil validasi ahli pembelajaran menunjukkan nilai 79 (2) pada draf produk awal hasil validasi ahli teknologi menunjukkan nilai 97 5 (3) analisis gabungan draf produk awal menunjukkan nilai 88 25 (4) pada draf produk akhir hasil validasi ahli pembelajaran menunjukkan nilai 86 (5) pada draf produk akhir hasil validasi ahli teknologi menunjukkan nilai 100 (6) analisis gabungan draf produk akhir menunjukkan nilai 93. Walaupun masih belum mencapai nilai maksimal namun nilai tersebut telah menunjukkan adanya peningkatan nilai kevalidan produk. Sehingga dapat dikatakan perangkat pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial telah valid untuk dikembangan lebih lanjut. Setelah melewati serangkaian proses pengembangan dapat ditarik kesimpulan bahwa produk telah layak untuk digunakan. Produk tersebut telah memenuhi kriteria kevalidan. Hal ini berdasarkan hasil analisis dan kajian hasil validasi oleh ahli pembelajaran dan ahli teknologi. Sehingga penelitian ini telah berhasil mencapai tujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa perangkat pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan pada materi IPS untuk Siswa kelas IV SDN Garum 01 Kabupaten Blitar yang valid. SUMMARY Fauzi Achmad Ryan. 2018. The Development of Learning Tool of Discovery Learning with Scientific Approach Contain Strengthening of Curiosity and Social Care Characters in Grade Fourth Social Studies Matter at State Elementary School 01 GarumBlitar Regency.Thesis.Primary Education Program.Graduate School.State University of Malang. Thesis Advisers (1) Prof. Dr. H.M. Zainuddin M.Pd (2) Dr. Rosyid Al Atok M.Pd M.H. Key Word discovery learning scientific approach curiosity social care social studies The result of interview with fourth grade teacher of State Elementary School 01 Garum shows the information that the teacher when teach social studies feel difficult in applying the discovery learning model with the scientific approach that has not yet formed the character of curiosity and social care. Teachers fill difficult in finding concrete examples of application of discovery learning model with scientific approach. So they really need that concrete example. In order to meet the needs of teachers it is very necessary to develop a learning device that is applicable and easily understood by the teacher. So a development study was conducted. This research use research and development method from Dick et all. This method is modified in nine procedures. The resulting product is analyzed its validity by a combined analysis. This combined analysis was obtained using the results of validation analysis of instructional and technology experts. After experimenting find (1) in the initial product draft of the validation result of the instructional expert showing the value of 79 (2) on the initial product draft of technology expert validation results show the value of 97.5 (3) analysis of the initial product draft combination shows the value of 88.25 (4) in the final product draft of the result of the validation of the instructional expert indicates the value of 86 (5) on the final product draft of the technology expert s validation results indicate the value of 100 (6) the final draft analysis of the final product shows the value of 93. Although it still has not reached the maximum value but the value has shown an increase in the value of the product s validity. So it can be said learning discovery learning tool with a scientific approach to strengthening the character of curiosity and social care has been valid for further development. After passing through a series of development process can be deduced that the product has been eligible for use. The product has met the criteria of validity. This is based on the results of analysis and review of validation results by learning experts and technology experts. Thus this research has succeeded in achieving the objective to produce product development in the form of learning tool of discovery learning with scientific approach of strengthening of curiosity and social care charactersin social studies material for fourth grade students of State Elementary School 01 GarumBlitar regency is valid.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63258

Actions (login required)

View Item View Item