Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin / Annisa Meilida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin / Annisa Meilida

Meilida, Annisa (2018) Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin / Annisa Meilida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Meilida Annisa.2017. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Tesis Program Pendidikan Dasar . Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd dan pembimbing (2) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd Kata kunci Aktivitas Belajar Hasil Belajar Model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) Masalah yang ada pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika tentang penaksiran dan pembulatan pada pecahan disebabkan oleh anak terbatasi keaktifannya dalam pembelajaran kurangnya penggunaan media yang menarik bagi siswa Kegiatan pembelajaran yang kurang adanya variasi sehingga berdampak pada hasil belajar dan aktivitas siswa yang rendah. Alternatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah menggunakan Model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model SAVI terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan eksperimental semu (quasi experiment) dengan bentuk nonequivalent kontrol design dan subjek penelitian di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin pada siswa kelas 4 A dan B dengan jumlah 56 siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest untuk hasil belajar dan lembar daftar cek pre dan post aktivitas siswa. Penelitian dilakukan pada 3 kali pertemuan sesuai dengan KD pada matematika kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. terlihat pada uji hipotesis dengan sig.(2-tailed) kurang dari 0 05 atau p 0 00

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63249

Actions (login required)

View Item View Item