Handayani, Eka Dian (2017) Pengaruh strategi process-oriented guided-inquiry learning berkonteks socioscientific issues terhadap pemahaman hakikat sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada topik pncemaran lingkungan dan pemanasan global / Eka Dian Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Handayani Eka Dian. 2017. Pengaruh Strategi Process-Oriented Guided-Inquiry Learning Berkonteks Socioscientific Issues terhadap Pemahaman Hakikat Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Topik Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci POGIL SSI hakikat sains berpikir kritis. Pendidikan sains bertujuan mengembangkan literasi sains. Komponen penting dalam literasi sains adalah pemahaman hakikat sains dan kemampuan berpikir kritis. Pada saat ini pembelajaran IPA di Indonesia belum diarahkan pada pembelajaran dengan konteks socioscientific issues (SSI). Konteks SSI yaitu masalah-masalah sosial berhubungan dengan sains yang terjadi di masyarakat. Penggunaan konteks SSI dapat menjadi jalan untuk mengeksplorasi hakikat sains dan menghubungkan siswa dengan literasi sains. Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL) merupakan strategi pembelajaran yang berorientasi proses dan berpusat pada siswa dalam sebuah kelompok belajar aktif dan cocok untuk dikaitkan dengan konteks SSI. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran POGIL berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada topik pencemaran lingkungan dan pemanasan global. Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu 93 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang yang terbagi dalam 3 kelas penelitian yaitu kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan POGIL berkonteks SSI kelas eksperimen 2 dengan POGIL dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen perlakuan yang meliputi silabus RPP dan LKS topik pencemaran lingkungan dan pemanasan global yang telah divalidasi isi oleh ahli. Instrumen pengukuran meliputi tes pemahaman hakikat sains sebanyak 14 soal pilihan ganda (r 0 709) dan tes kemampuan berpikir kritis berupa 10 soal esai (r 0 823). Analisis data penelitian menggunakan multivariate analysis of covariance (MANCOVA) pada taraf signifikansi 95% ( 945 0 05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada pemahaman hakikat sains dan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang dibelajarkan dengan POGIL berkonteks SSI dengan kelas yang dibelajarkan dengan POGIL maupun kelas konvensional. Strategi POGIL berkonteks SSI juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman hakikat sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kebermaknaan perbedaan juga dilihat dari hasil uji effect size terhadap tiap kelompok aspek dan indikator yang diukur dengan kriteria besar sedang dan kecil. Berdasarkan kelebihan dan kendala dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada guru untuk menggunakan SSI sebagai konteks pembelajaran sehingga siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang hakikat sains dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa dan peneliti lain dapat mengembangkan bahan ajar yang berkaitan dengan konteks SSI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63145 |
Actions (login required)
View Item |