Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem kelas VII di SMPN 2 Grati / Eko Amalul Cholish - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem kelas VII di SMPN 2 Grati / Eko Amalul Cholish

Cholish, Eko Amalul (2016) Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem kelas VII di SMPN 2 Grati / Eko Amalul Cholish. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cholish Eko. A. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas VII di SMPN 2 Grati. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A. J. E. Toenlioe M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Kata Kunci Multimedia Interaktif Ekosistem Sekolah Menengah Pertama. Pada kegiatan pembelajaran Ekosistem siswa menghadapi kendala berupa kurangnya contoh-contoh nyata karena guru sulit mendatangkannya dari luar kelas. Selanjutnya ketika guru menjelaskan gambar sebagai contoh siswa kurang memperhatikan dan siswa lebih memilih bermain bermain dengan temanya. Antusiasme belajar siswa kurang jika guru hanya memberi contoh gambar sehingga perlu inovasi pembelajaran berupa di hasilkanya Multimedia Interaktif Ekosistem kelas 7 di SMPN 2 Grati. Tujuan pengembangan adalah menghasilkan produk Multimedia Interaktif pada materi Ekosistem kelas 7 yang layak dan valid yang dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Ekosistem. Dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall hasil validasi Media Materi dan hasil uji coba terhadap siswa kelas 7E SMPN 2 Grati media yang dihasilkan layak digunakan. Media ini di validasi oleh seorang ahli media seorang ahli materi dan diujicobakan kepada 40 siswa. Berdasarkan angket ahli media dan ahli materi menunjukan persentase sebesar 93% dan 91 25% menunjukan bahwa media ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba lapangan di peroleh persentase sebesar 88 28% pada uji coba kelompok kecil dan 90 12% pada kelompok besar sehingga dapat disimpulkan bahwa media sudah mencapai tujuan. Saran untuk guru adalah sebelum penggunaan guru harus mengetahui cara menggunakan media. Guru juga perlu memberikan pendampingan siswa saat menggunakan Multimedia Interaktif Ekosistem agar pembelajaran dengan media dapat berjalan dengan lancar sehingga pembelajaran dengan menggunakan media dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item