Pengembangan modul membaca berbentuk buku cerita bergambar untuk siswa kelas V / Hendra Adipta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul membaca berbentuk buku cerita bergambar untuk siswa kelas V / Hendra Adipta

Adipta, Hendra (2016) Pengembangan modul membaca berbentuk buku cerita bergambar untuk siswa kelas V / Hendra Adipta. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adipta Hendra. 2016. Pengembangan ModulMembacaBerbentukBukuCeritaBergambaruntukSiswaKelas V. Tesis. Program Studi Pendidikan PendidikanDasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd M.Si. (2) Dr. MuakibatulHasanah M.Pd Kata Kunci modul membaca bukuceritabergambar. Pentingnya kegiatan membaca masih belum disadari oleh siwa SD. Siswa yang kurang memahamipentingnya membaca tidak akan termotivasi untuk membaca. Hasilstudi pendahuluan menunjukkanbahwabahan ajar berupa buku dan LKS yang digunakan oleh guru masih belum dapatmemotivasisiswauntukgemarmembaca. Bahan bacaan yang ada dalam buku teks terlalu luas dan umum jauh dari kehidupan sehari-hari siswa. Gambar pada buku dan LKS kurangmenarik. Tujuanpenelitianpengembanganini untuk menghasilkanmodulketerampilanmembacaberbentukbukuceritabergambaruntuk siswakelas Vdanpedoman guru yang validdanlayakdigunakan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang prosesnya terdiri atas 10 langkah yakni (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembanganawaldrafproduk (4) ujiahli (5) ujicobaterbatas (6) revisi ujicobaterbatas (7) ujicobalapangan (8) revisi uji coba lapangan (9)produkakhirdan (10) desiminasi.Padapenelitianinihanyamengambil 9 langkah.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kendalrejo KabupatenTuban dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Ujikelayakan pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media menggunakan lembar validasi ahli sertaujiefektifitas. Hasilpenelitianadalah (1) modulsiswaberbentukbukuceritabergambardanpedomanbagi guru (2) tingkatvaliditasdariparaahlipadamodulsiswamenunjukanpersentase 91 67% dengankriteriasangat valid sedangkanuntukpedoman guru menunjukkanpersentase 91% dengankriteriasangat valid (3) tingkatkemenarikanmodulsiswamencapai 84 36% dengankriteriacukupmenarik. Tingkat keefektifanbahan ajar mencapaipersentase84 53%. dengankategoritinggidanlayakdigunakan. Berdasarkanhasitersebutmakamodul yang dikembangkandapatdigunakanuntukmengajarmembacasiswakelas V. Kesimpulanpenelitianmenunjukkkanbahwadenganmodulmembacaberbentukbukuceritabergambarinimampumendorongsiswauntuklebihgemarmembaca.Hal tersebutditunjukkanmelaluihasil yang memuaskanpadalatihandantesmadiri yang ada di dalammodul.Pengembanganmodulinidapatdikatakanlayakdigunakandarisegikevalidan kemenarikandankeefektifan. Saran untukpemanfaatanmodullebihlanjut (1) lebihmempertimbangkanalokasiwaktu (2) menggunakankurikulumterbaru (3) memperbanyaksoal-soallatihan yang besifat problem solving dan (4) mampumengintegrasikanseluruhaspekbahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63023

Actions (login required)

View Item View Item