Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis masalah tema indra pendengaran dan indra penglihatan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa SMP / Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis masalah tema indra pendengaran dan indra penglihatan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa SMP / Fitriani

Fitriani (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis masalah tema indra pendengaran dan indra penglihatan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa SMP / Fitriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani. 2015. PengembanganPerangkatPembelajaran IPA BerbasisMasalahTemaIndraPendengarandanIndraPenglihatanUntukMeningkatkanKemampuanPemecahanMasalahdanPrestasiBelajarSiswa SMP.Tesis. Program Studi Pendidikan DasarKonsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. ArifHidayat M.Si (2) Dr. HadiSuwono M.Si Kata Kunci PerangkatPembelajaran IPA BerbasisMasalah KemampuanPemecahanMasalah PrestasiBelajar Kemampuanpemecahanmasalahmerupakanhal yang pentingkarenaaktivitasinimerupakanaktivitas yang dilakukanoleh para ilmuwandanterkaiteratdenganmetodepenemuan berpikirkreatifdanberpikirkritis.Kemampuansiswadalampemecahanmasalahdapatmendukungprestasibelajarsiswa yang berhubungandengantesmaupunnontes baikpenilaian proses belajarmaupunhasilbelajar yang berupakognitif afektifmaupunpsikomotorik. Tujuanutamapenelitianiniadalah (1) mengembangkanperangkatpembelajaran IPA berbasismasalah yang sahihatau valid efektif danpraktisuntukmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahdanprestasibelajarsiswa SMP (2) mengujiefektifitashasilpengembanganperangkatpembelajaran IPA berbasismasalahterhadappeningkatkankemampuanpemecahanmasalahdanprestasibelajarsiswa. Pengembanganprodukinimenghasilkansuatuperangkatpembelajaranberbasismasalahuntuk guru danbukusiswa. Produk yang dikembangkanberupasilabus RPP modulmateri ujikompetensidanpenilaianhasilbelajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganmodifikasi model Borg and Gall dengan rancangan quasi experiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Perangkatpembelajaran yang dikembangkantelahdivalidasiolehahlimateridanpembelajaranserta guru dansiswasebagaipengguna. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterbacaanperangkatpembelajarandankeevektifanperangkatmelaluisoalpretest-postestprestasibelajardankemapuanpemecahanmasalahyang berbentuk pilihan ganda. Hasilketerbacaanperangkatpembelajaran IPA berbasismasalahuntukmateriindrapendengarandansistem sonar 92 2 % sertamateriindrapenglihatandanalatoptik 89 6 % dengankategorisangatpraktisdigunakandalampembelajaran. Hasilpretest-postestsoalprestasibelajardankemampuanpemecahanmasalahlebihtinggipadakelasekperimendaripadakelaskontrol. Beberapa saran dikemukakanberkenaandenganhasilpenelitianini. Pertama para guru yang menggunakanperangkatpembelajaran IPA berbasismasalah yang disusununtuksiswakelasVIII berdasarkan K-13 perlumenyesuaikanterhadapbeberapakarakteristiksiswaterlebihdahulusepertilingkungansekolahapakahmendukungdenganfasilitaspenyelidikanilmiah. Kedua perlumensosialisasikanperangkatpembelajaranhasilpengembangankepada guru-guru melalui forum musyawarah guru matapelajaran (MGMP) IPA dan forum seminar ataudiskusiilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63000

Actions (login required)

View Item View Item