Analisis implementasi pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen / Sri Ida Noviawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen / Sri Ida Noviawati

Sri Ida, Noviawati (2016) Analisis implementasi pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turen / Sri Ida Noviawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noviawati Sri Ida. 2016. Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Turen. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar IPA Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd Kata Kunci pendekatan saintifik hasil belajar IPA IPA memberikan pengalaman proses pengetahuan dan sikap ilmiah kepada siswa untukdiaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan untuk IPA. Observasi dan wawancara telah dilakukan di SMPNegeri2 Turen pada bulan Agustus 2015 dengan hasil proses pembelajaran terpusat pada guru nilai rata-rata ulangan harian materi ekosistem dan pencemaran belum mencapai KKM 75 sertapenilaian psikomotor dan afektif tidak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan saintifik dan pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed methodsmodel embedded experimental dengan desain penelitian one group pretest-postest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPNegeri2 Turen yang terdiri dari 34 siswa. Kelas ini dipilih secara cluster random sampling.Instrumen penelitian terdiri atas silabus RPP LKS soal tes hasil belajar kognitif lembar observasi kegiatan pendekatan saintifik proses pembelajaran penilaian psikomotor penilaian afektif serta pedoman wawancara. Instrumen tes hasil belajar kognitif telah divalidasi oleh ahli dan uji coba ke siswa. Hasil uji reliabilitas diperoleh ri 0 901. Uji prasyarat melalui uji normalitasdilakukan sebelum data dianalisis.Analisis data hasil belajar kognitif menggunakan uji-t satu arah dan N-gain sedangkan hasil belajar psikomotor dan afektif dianalisis secara deskriptif.Data kegiatan pendekatan saintifik yang terbentuk oleh siswa selama pembelajaran dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa1) implementasi pendekatan saintifik telah terlaksana sangat baik denganrata-ratakegiatan pendekatan saintifik yang terbentuk oleh siswa adalah menanya (38 8%) mengamati (62 1%) mengumpulkan informasi (12 1%) mengasosiasi (29 5%) dan mengomunikasikan (26 2%) 2) hasil belajar kognitif siswapada postes lebih baik dibandingkan pretes dan meningkat dengan kategori sedang 3) hasil belajar psikomotor siswa tercapai dengan kategori baik dan4) hasil belajar afektif tercapai dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik telah dilaksanakan dengan sangat baik dan dapat meningkatkan kemampuan siswa pada kegiatan menanya mengamati mengumpulkan informasi mengasosiasi dan mengomunikasikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Turen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62992

Actions (login required)

View Item View Item