Buana, Vina Gayu (2016) Pengembangan instrumen asesmen autentik kompetensi keterampilan dalam pembelajaran tematik kelas IV SD / Vina Gayu Buana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Buana Vina Gayu. 2014. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Keterampilan dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci asesmen autentik kompetensi keterampilan pembelajaran tematik. Asesmen merupakan hal yang penting dalam dunia pendidikan saat ini. Melalui Kurikulum 2013 dengan menerapkan pembelajaran tematik asesmen yang digunakan yaitu asesmen autentik. SDN Karangbesuki 3 Kota Malang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013. Melalui wawancara dengan guru kelas IV SDN Karangbesuki 3 diperoleh hasil bahwa guru merasa kesulitan dalam membuat kisi-kisi penilaian dan membuat instrumen asesmen autentik. Biasanya guru tidak memberikan nilai ketika pembelajaran karena guru belum mengembangkan alat asesmen yang diperlukan. Hasil analisis buku guru dan LKS diperoleh fakta bahwa rubrik untuk kegiatan proyek siswa belum tercantum sehingga guru dalam memberikan nilai proyek siswa tanpa menggunakan rubrik yang jelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk instrumen asesmen autentik kompetensi keterampilan untuk kelas IV SD. Instrumen asesmen yang dikembangkan meliputi asesmen kinerja proyek dan portofolio. Pengembangan produk instrumen asesmen ini menggunakan model ADDIE. Tahap-tahap penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Analyze (2) Design (3) Develop dan (4) Implement dan (5) Evaluate. Data penelitian berupa hasil validasi diperoleh dari ahli asesmen dan uji coba pengguna. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan instrumen asesmen kompetensi keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan produk diperoleh skor sebesar 92 5% dengan tingkat kevalidan sangat valid dan dapat digunakan. Hasil dari respon guru diperoleh skor sebesar 87 5% dengan tingkat ketergunaan sangat valid sangat efektif dan dapat digunakan. Meskipun produk yang diperoleh sangat valid akan tetapi produk tetap dilakukan revisi. Revisi produk didasarkan atas saran atau masukan dari validator dan pengguna. Instrumen asesmen autentik kompetensi keterampilan ini dapat dimanfaatkan oleh guru yang dalam pembelajarannya menerapkan Kurikulum 2013 untuk kelas IV tema Tempat Tinggalku. Guru sebaiknya mencermati penggunaan instrumen asesmen pemetaan tugas dan rubrik penilaian agar dalam menggunakan instrumen asesmen jelas. Bagi sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 sebaiknya menggunakan instrumen asesmen yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 8195
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62984 |
Actions (login required)
View Item |