Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division berbantuan teknik mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo) / Mizan Adhi Legowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division berbantuan teknik mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo) / Mizan Adhi Legowo

Legowo, Mizan Adhi (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division berbantuan teknik mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (studi pada siswa kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo) / Mizan Adhi Legowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Legowo Mizan Adhi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Berbantuan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. 2) Dra. Siti Malikhah Towaf M.A. Ph.D. Kata kunci model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) teknik mind map aktivitas belajar hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi tanggal 25 September dan 2 Oktober 2015 di kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo terungkap rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS. Data penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa sebesar 37 24% dan 37 93%. Aktivitas dominan adalah menggambar. Data hasil belajar menunjukkan ketuntasan belajar sebesar 27 59% dengan rata-rata nilai 69 dan 24 14% dengan rata-rata nilai 70. Hasil belajar di bawah KKM 75. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS dikarenakan pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) dan belum mewadahi karakteristik siswa yang gemar menggambar. Permasalahan diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan teknik mind map. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan pelaksanaan bersama pengamatan serta refleksi. PTK dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Penelitian dilaksanakan di SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo dengan subyek penelitian 29 siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map tes hasil belajar produk mind map catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas V SDN Pagerkukuh Kabupaten Wonosobo kedua hasil penelitian keaktifan siswa saat pembelajaran STAD menunjukkan peningkatan dari 78 39% dengan kriteria baik pada siklus I menjadi 98 62% dengan kriteria sangat baik pada siklus II ketiga hasil belajar menunjukkan peningkatan yaitu dengan rata-rata nilai 70 34 pada siklus I menjadi 95 71 pada siklus II. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 51 72% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map guru disarankan merancang kegiatan pembelajaran yang menekankan aktivitas belajar siswa dalam bentuk pembelajaran berkelompok dengan disisipi aktivitas merangkum materi dalam bentuk mind map.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62970

Actions (login required)

View Item View Item