Pengembangan bahan ajar matematika berbasis saintifik tema benda-benda di lingkungan sekitar kelas V sekolah dasar di Kabupaten Serang / Jukri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar matematika berbasis saintifik tema benda-benda di lingkungan sekitar kelas V sekolah dasar di Kabupaten Serang / Jukri

Jukri (2016) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis saintifik tema benda-benda di lingkungan sekitar kelas V sekolah dasar di Kabupaten Serang / Jukri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jukri 2016. PengembanganBahan Ajar MatematikaBerbasisSaintifikTema Benda-Benda di LingkunganSekitar Kelas V SekolahDasar di Kabupaten Serang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdul Rahman As ari M.Pd M. A. (II) H. Dr. Sulton M.Pd. Kata kunci kurikulum 2013 saintifik Four-D ketuntasan belajar valid praktis efektif. Berdasarkan hasil analisis dan wawancara terhadap guru dari beberapa sekolah dasar yang menerapkan Kurikulum 2013 disimpulkan bahwa buku siswa terbitan pemerintah pada muatan matematika tema 1 kelas 5 terdapat beberapa kekurangan yang membutuhkan perbaikkan baik dari sisi bahasa konten materi dan pendekatan saintifik. Alasan tersebut mendorong peneliti melakukan pengembangan bahan ajar dengan judul pengembangan bahan ajar matematika berbasis saintifik pada tema benda-benda di lingkungan sekitar sekolah dasar di Kabupaten Serang. Penelitian pengembangan bahan ajar matematika berbasis saintifik menggunakan model four-D Model dari Thiagarajan (1974). Sesuai dengan namanya four-D model memiliki langkah-langkah pengembangan yang mencakup mencakup define (definisi) desain (perancangan) develop (pengembangan) dan diseminasi (penyebaran). Hasil validasi materi dan konstruk bahan memperoleh nilai masing-masing 3 0 dengan kriteria cukup valid dengan sedikit revisi. Pemberian headings pada bahan ajar yang dikembangkan memudahkan guru dan siswa dalam menggunakan bahan ajar tersebut. Ini diperkuat dengan respons guru yang menunjukkan prosentase sebesar 83% berada pada koefisien kepraktisan 80%-100% sehingga bahan ajar dikategorikan praktis/sangat baik. Hasil posttest uji coba lapangan menunjukkan bahwa dari 25 siswa yang mencapai ketuntasan belajar ada 21 orang siswa atau sekitar 84%. Nilai ketuntasan belajar tersebut menunjukkan bahwa pengambangan bahan ajar siswa dikatakan efektif. Bahan ajar yang dihasilkan adalah bahan ajar matematika berbasis saintifik pada tema benda-benda di lingkungan sekitar yang memiliki kriteria valid praktis dan efektif. Berdasarkan kriteria tersebut maka bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran matematika pada tema benda-benda di lingkungan sekitar kelas 5. Mudah-mudahan pengembangan bahwa ajar ini dapat bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan dalam mendukung kurikulum 2013. Semoga penelitian-penelitian pengembangan berikutnya dapat menghasilkan karya yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62942

Actions (login required)

View Item View Item