Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan game puzzle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Rani Ramadanis - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan game puzzle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Rani Ramadanis

Ramadanis, Rani (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan game puzzle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang / Rani Ramadanis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadanis Rani. 2016. Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipeThink Pair ShareBerbantuanGame PuzzleUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajar IPS SiswaKelas VII SMP Negeri 4 Malang. Tesis Program StudiPendidikanDasarKonsentrasi IPS Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang (I) Prof. Dr. I Nyoman S Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. Sudarmiatin M. Si. Keyword Think Pair Share Game Puzzle Motivasi HasilBelajar Hasilpengamatanpadawaktupembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Malang di kelas VII H diketahuibahwa guru masihmenggunakan model pembelajarankonvensionaldansiswahanyamendengarkanpelajaransecarasatuarah. Guru mengalamibeberapakendala di dalampelaksanaan proses belajarmengajaryaitu (1) Motivasibelajarsiswa yang masihrendah (2) Hasilbelajar yang belumtuntasdiketahuidari 32 orang siswadiantaranya17 orang (57%) memperolehnilai di bawah KKM 7 orang (17%) memperolehnilaisamadengan KKM dan 8 orang (25%) diatas KKM. Makadiperlukansuatuupayauntukmengatasipermasalahantersebutdenganpenerapanmodel pembelajarankooperatiftipethink pair shareberbantuangame puzzleuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajaripssiswa. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK) dalamduasiklus yang setiapsiklusterdiridariempatkomponen perencanaan tindakan observasi danrefleksi. Kedudukanpenelitidalampenelitianinisebagaiperencana pelaksanatindakan pengumpul data penganalisis penafsir data danpelaporhasilpenelitian. Subyekpenelitianadalahsiswa SMP N 4 Malang kelas VII H sebanyak 32 orang siswaterdiridari19 orang perempuandan 13 orang laki-laki. Penelitiandilakukanmelaluiduasiklus. Data dikumpulkandenganteknikobservasi angket danpelaksanaantes. Analisa data dilakukanmelaluitigatahapanyaitu Reduksi data paparan data danpenyimpulanhasilanalisis. Temuanpenelitianpadasiklus I yaitupenggunaanalokasiwaktu yang belummaksimalsehingga guru harusbisamenggunakanalokasiwaktudenganbaikdanpadasiklus I belumditambahkangame puzzlepadapelaksanaantahap-tahapThink pair share sedangkanpadasiklus II guru sudahbisamengalokasikanwaktudenganbaiksertaimplementasipadamatapelajaran IPS lebihefektifketikaditambahkangame puzzlepadatahapthinkdalamsintaksthink pair share. Hasilpenelitianpenerapanmodel pembelajarankooperatiftipethink pair shareberbantuangame puzzleyaitu (1) hasilobservasiketerlaksanaan model pembelajaranoleh guru termasukkategorisangatbaikpadasiklus I diperoleh 74% dansiklus II diperoleh 90 03% mengalamipeningkatan 16 03%. Hasilobservasiketerlaksanaan model pembelajaranolehsiswatermasukkategoribaikdarisiklus I diperoleh 71 23% dansiklus II diperoleh 87 03% mengalamipeningkatan 15 8%. (2) meningkatnyamotivasisiswadarisiklus I diperoleh 82 25% dansiklus II diperoleh 89 90% mengalamipeningkatan 7 65% (3) meningkatnyahasilbelajarsiswadarisiklus I diperoleh 81 25% dansiklus II diperoleh 93 75% mengalamipeningkatan 12 5%. Saran yang diberikanadalah (1) Bagi guru agar dalam proses belajarmengajarlebihbanyakmemberikankesempatankepadasiswauntukberfikirsendiri melatihkemampuanberpikirdankemampuansosialsertacarabekerjasamasehinggasiswamemperolehkesempatanuntukmengembangkanpotensinya.(2) Bagisekolahhasilpenelitianinidapatdigunakansebagaiacuandalampembinaanpeningkatanmutusekolahdanpeningkatanprofesi guru denganpenerapan model pembelajaran yang efektif. Denganpenelitianinihendaknyasekolahmemberikanfasilitasbelajardanmendukungpara guru sehingga proses pembelajaransemakinmeningkatmutunya.(3) Bagipenelitiselanjutnyadisarankan agar melaksanakanpenelitiandenganmengkolaborasikanberbagai model danpengembangan media dalammeningkatkankualitas guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62928

Actions (login required)

View Item View Item