Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar / Sari Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar / Sari Dewi

Dewi, Sari (2016) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar / Sari Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Sari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd. (II) Dr. Ach. Amirudin M.Pd. Kata-kata Kunci PBL hasil belajar IPS PBL mulai diterapkan pada sekolah kesehatan oleh Howard Barrows di McMaster University School of Medicine Kanada pada tahun 1969. PBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar dan bekerja sama dalam kelompok untuk memecahkan masalah. Karakteristik model PBL meliputi berbasis masalah memecahkan masalah pembelajaran berpusat pada siswa pembelajaran mandiri dan refleksi. Dugaan sementara yang dapat dibangun berdasarkan kajian teori dan penelitian terdahulu bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Wlingi 01 pada materi masalah-masalah sosial. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan bentuk rancangan nonequivalent control group. Subjek diambil dari kelas yang memiliki kemampuan akademik relatif sama (setara) berdasarkan nilai rata-rata IPS pada ujian akhir semester ganjil tahun 2015/2016. Analisis data menggunakan teknik independent sample t-test dengan program SPSS 16.0 for Windows pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Wlingi 01 pada materi masalah-masalah sosial. Penyebab model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diduga karena (1) pembelajaran berbasis masalah (2) masalah yang dihadirkan dalam PBL bersifat autentik dan (3) model pembelajaran berpusat pada siswa. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagi penelitian selanjutnya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning diintegrasikan dengan model Think Pair and Share karena dapat meminimalisir kelemahan dalam penelitian ini yaitu pada saat presentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62918

Actions (login required)

View Item View Item