Bahan ajar apresiasi dongeng bergambar bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran membaca dongeng kelas III SD / Nani Farah Fasica - Repositori Universitas Negeri Malang

Bahan ajar apresiasi dongeng bergambar bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran membaca dongeng kelas III SD / Nani Farah Fasica

Fasica, Nani Farah (2016) Bahan ajar apresiasi dongeng bergambar bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran membaca dongeng kelas III SD / Nani Farah Fasica. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fasica Nani Farah. 2015.Bahan ajar ApresiasiDongengBergambarBermuatanPendidikanKarakterpadaPembelajaranMembacaDongengKelas III SD.Tesis JurusanPendidikanDasarKonsentrasiBahasa Indonesia SekolahDasar Pascasarjana UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Dr. YuniPratiwi M.Pd. dan (2) Dr. Nita Widiyati M.Pd. Kata Kunci bahan ajar dongengbergambar pendidikankarakter. Dalamkurikulumtingkatsatuanpendidikan (KTSP) pembelajaranmembacadongengsalahsatukegiatanpembelajaran yang tercakupdalamstandarkompetensi Memahamiteksdenganmembacanyaring membacaintensif danmembacadongeng kompetensidasar Menceritakanisidongeng yang dibaca. Padapembelajaranmembacadongeng yang dilaksanakan di MINU IslamiahAsembagus guru menggunakanbahan ajar yang sudahtersedia padahalmateridongengdanbacaandongeng yang terdapatdalambukupanduan yang digunakanoleh guru dansiswakuranglengkap haltersebutterbuktipadasaatdilakukananalisismateridongengterhadapbahan ajar yang dilakukanpenelititerhadapduabukupegangan guru dansiswayaitu Bahasa Indonesia (2007) danSayaSenangBerbahasa Indonesia (2007)darikeduabukutersebutditemukankekurangantentangmateri yang berkaitandengandongeng (definisidongengdanunsurpembentukdongeng) intruksilatihan contohlatihan danjenisceritadongeng yang dimuatdalambukutersebutterbatas. Tujuanumumdalampenelitianiniadalahmengembangkanbahan ajar membacadongeng.Adapuntujuankhususdalampenelitianiniyaitu (1) menghasilkanprodukberupabahanajarapresiasidongengbergambarberbasispendidikankarakterpadapembelajaranmembacadongengkelas III SD yang dapatdijadikansublementambahandalammelaksanakan proses pembelajaranmembacadongeng di kelas (2) mendeskripsikankeefektifanbahan ajar apresiasidongeng yang diimplementasikan. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan Borg dan Gall (1979 783-795)memilikisepuluhprosedurpenelitian.Penelitianpengembanganpadapenelitianinitidakmengaplikasikankesepuluhprosedurtersebutmelainkandisederhanakanmenjaditujuhprosedurpengembangan yang telahdimodifikasiyaitu (1) studipendahuluan (2) perencanaanpenelitian (3) pengembanganprodukawal (4) ujicobatahapawal (5) revisiproduk (6) ujilapangan dan (7) revisiprodukakhir. Ujiprodukdilakukandenganmelibatkan (1) ahlipembelajarandongeng (2) ahlipendidikankarakter (3) praktisiyaitu guru Bahasa Indonesia MINU IslamiahAsembagus dan (4) ujilapangan yang melibatkansiswakelas III MINU IslamiahAsembagus. Hasilujipengembanganbahan ajar sebagaiberikut.Pertama hasilvalidasiahlipembelajarandongengberdasarkankomponenorganisasipenyajiantergolongsangatlayak (95%) kegiatanpembelajaran/strategipembelajarandalamkatagorisangatlayak (87%) isiproduktergolongdalamkatagorilayak (81%) komponenkebahasaandalamkatagorilayak (85%) tampilanbahan ajar tergolongdalamkatagorisangatlayak (92%).Kedua hasilvalidasiahlipendidikankarakterberdasarkankomponenkebenarandeskripsimateriditinjaudarisegiilmupendidikankarakterdalamkategorilayak (85%) kebenarandeskripsimateripendidikankarakterditinjaudariilmupembelajarankaraktertergolongkategorilayak (81%).Ketiga hasilvalidasipraktisi (guru) berdasarkankomponenefektifitasdanefisiensibahan ajar tergolongdalamkategorilayak (81%) sistematikapenulisanbahan ajar tergolongdalamkualifikasisangatlayak (100%) penggunaanbahasadalambahan ajar tergolongdalamkategorisangatlayak (100%) tampilanbahan ajar termasukdalamkategorilayak (88%).Keempat hasilujilapanganbahan ajar apresiasidongengbergambarberbasispendidikankarakterpadakegiatanmembacadongengkelas III SD tergolonglayak. Kelebihandalamprodukbahan ajar iniadalahceritadongeng yang disajikandisertaigambardalamceritadanmemuatnilai-nilaikarakterdalamkegiatanpembelajaran yang pentinguntukdikenalkankepadasiswa.Kelemahanprodukiniterletakpadalatihansoalhanyafokusterhadapkemampuankognitifsiswa tidakmelihatdariaspekpenialaianlainnyasepertiaspeksikap keterampilandanapresiasi. Selainitu untukujiketerbacaanteksdongenghanyadiujikanlangsungkepadasiswakelas 3 tanpadilandasiujipemahamantekssesuaidenganpenilaianliterasimembacanasionaldaninternasionalsepertiPIRLS( Progres in Internatioanl Reading Literacy Study) Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahan ajar apresiasidongengbergambarberbasispendidikankarakterpadapembelajaranmembacadongengkelas III SD yang dikembangkantergolonglayakdansiapdiimplementasikandalamkegiatanpembelajaranmembacadongeng di kelas III MINU IslamiahAsembagus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62893

Actions (login required)

View Item View Item