Wulandari, Hetty Agustina (2015) Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik kelas III tema Keperluan Sehari-hari / Hetty Agustina Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Hetty Agustina. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Keperluan Sehari-Hari. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd (II) Dr. Sunaryanto M.Pd. Kata Kunci multimedia interaktif pembelajaran tematik ASSURE. Guru yang mempunyai kompetensi profesional harus dapat merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran yang bermakna bagi siswanya. Berdasarkan studi pendahuluan di SDN Jeru 02 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang ditemukan bahwa pembelajaran yang dilakukan masih mengacu pada buku teks guru belum pernah menggunakan multimedia interaktif dalam pembelajarannya padahal di sekolah terdapat sarana multimedia. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas III siswa cenderung malas belajar dan sering menghabiskan waktunya di warnet. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus tentu berdampak kurang baik dalam kaitannya dengan kualitas pembelajaran. Gaya belajar siswa kelas III yang kebanyakan bergaya belajar visual yaitu menyukai pembelajaran dengan gambar video game dan komputer menginspirasi peneliti untuk mengembangkan pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik ini diharapkan dapat membantu guru melaksanakan pembelajaran yang lebih bermakna membantu siswa memberikan pengalaman yang lebih bermakna dan meningkatkan penggunaan sarana multimedia di sekolah. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan produk multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik Kelas III Tema Keperluan Sehari-Hari. Model pengembangan produk menggunakan model ASSURE. Model ini dipilih karena sesuai dengan penelitian pengembangan ini yang menggunakan konsep teknologi dalam membuat produk berupa multimedia interaktif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia interaktif yang memiliki kevalidan kemenarikan keefektifan dan kepraktisan yang tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan analisis penilaian kevalidan produk diperoleh hasil 77% yang masuk kategori valid kemenarikan produk diperoleh hasil 97% yang masuk kategori sangat menarik keefektifan produk diperoleh hasil 91% yang masuk kategori sangat efektif dan kepraktisan produk diperoleh hasil 90% yang masuk kategori sangat praktis . Berdasarkan hasil pengembangan produk multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik kelas III dapat disarankan untuk dipelajari dan dimanfaatkan oleh guru dan semua siswa kelas III SD yang berada di wilayah Kecamatan Tumpang. Multimedia interktif bisa dikembangkan pada tema dan jenjang kelas yang berbeda serta dapat diperluas materi yang belum ada di dalam multimedia interaktif yang dikembangkan oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62855 |
Actions (login required)
View Item |