Pengembangan mobile learning pelajaran biologi pokok bahasan Sistem Gerak Manusia untuk kelas XI SMA Islam Malang / Ramadhana Agung Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan mobile learning pelajaran biologi pokok bahasan Sistem Gerak Manusia untuk kelas XI SMA Islam Malang / Ramadhana Agung Pratama

Pratama, Ramadhana Agung (2016) Pengembangan mobile learning pelajaran biologi pokok bahasan Sistem Gerak Manusia untuk kelas XI SMA Islam Malang / Ramadhana Agung Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama RamadhanaAgung2016. Pengembangan Mobile Learning PelajaranBiologiPokokBahasanSistemGerakManusiauntukKelas XI SMA Islam Malang. TeknologiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. DediKuswandi M.Pd (II) SaidaUlfa S.T. M.Edu. Ph.D. Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Biologi Sistem Gerak Manusia Perkembangan teknologi telah merasuk dalam kehidupan sehari- hari baik kehidupan manusia di berbagai belahan dunia sedemikian rupa sehingga orang menganggap itu sebagai suatu hal yang lumrah dan biasa-biasa saja. Kemajuan teknologi berlangsung secara berkesinambungan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang tidak pernah berhenti. Permasalahan yang paling menonjol dalam proses pembelajaran adalah siswa masih kesulitan dalam memvisualisasikan suatu materi dalam pelajaran seperti sistem gerak manusia berdasarkan permasalahan tersebut perlu dikembangkan media membelajaran dengan memanfaatkan smartphone untuk pelajaran biologi tentang sistem gerak manusia Kelas XI di SMA Islam Malang. Tujuan pengembangan ini untuk mengetahui kevalidan belajar dengan menggunakan metode mobile learning dengan memanfaatkan smartphone sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Model pengembangan yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dari Borg and Gall dengan alur penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk awal ujicoba awal revisi hasil ujicoba uji lapangan produk utama dan revisi pemakaian produk. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif ini telah diuji cobakan dengan hasil ahli media 88 75% dinyatakan valid ahli materi 98 75% dinyatakan valid hasil uji coba kelompok kecil 88 89% dinyatakan valid dan hasil uji coba kelompok besar 86 83% dinyatakan valid. Dengan demikian media pembelajaran mobile learning dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada guru diharapkan mengenalkan media mobile learning kepada para siswa-siswinya dan mampu memanfaatkan media khususnya smartphone untuk memberikan pembelajaran mobile learning dalam kegiatan mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item