Anugrah, Miyandi Eko (2014) Penerapan pendekatan matematika realistik dengan kolaborasi model STAD dan NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika / Miyandi Eko Anugrah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anugrah Miyandi Eko. 2014. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dengan Kolaborasi Model STAD dan NHT untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing. (I) Prof. Dr. Hj. Utami Widiati M.A Ph.D (II) Prof. Dr. Sutarto Hadi M Si M. Sc Keywords matematika realistik kolaborasi model STAD dan NHT prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran matematika di SDN Kintapura 1 masih banyak mengalami kendala diantaranya karena kemampuan siswa yang rendah maupun guru yang kurang mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik. Hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa yang rendah. Salah satu cara meningkatkan prestasi belajar siswa adalah melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya materi sifat-sifat bangun ruang dengan menggukanan pendekatan matematika realistik dengan kolaborasi model STAD dan NHT. Prestasi belajar siswa yang dimaksud adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kintapura 1 yang terletak di Kecamatan Kintap tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 7 orang siswa laki-laki. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatann matematika realistik dengan kolaborasi model STAD dan NHT yang dilakukan sebanyak 2 siklus setiap siklus tertdiri dari 3 kali pertemuan. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Test digunakan untuk mengukur keberhasilan hasil belajar siswa dan observasi dilakukan untuk mengukur aktivitas siswa dalam pembelajaran. Tehnik analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data paparan data dan menarik kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dimana terlihat lebih dari 70% siswa berada dalam kualifikasi aktif dan sangat aktif. Hasil belajar juga terjadi peningkatan dimana pada evaluasi siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah sebesar 62 06% (18 orang) dengan rata-rata hasil belajar 69 31 meningkat sebesar 23 14% menjadi 85 20% (25 orang) dan rata-rata kelas meningkat dari 69 31 menjadi 73 79. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatakn Matematika Realistik denganKolaborasi model STAD an NHT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada pelajaran Matematika di SDN Kintapura 1 tahun pelajaran 2013/2014 dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu melakukan tes awal memberikan masalah kontekstual dan pemahaman masalah penalaran (memecahkan masalah) mengkomunikasikan jawaban pemanggilan nomor dan kuis serta menyimpulkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa pembelajaran matematika realistik kolaborasi model STAD dan NHT dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62762 |
Actions (login required)
View Item |