Penerapan metode inkuiri dengan bantuan media audio-visual dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA / Harmilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri dengan bantuan media audio-visual dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA / Harmilawati

Harmilawati (2014) Penerapan metode inkuiri dengan bantuan media audio-visual dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA / Harmilawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harmilawati. 2014. Penerapan Metode Inkuiri dengan Bantuan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA (Studi pada Siswa Kelas V SDN Takisung 2 Kabupaten Tanah Laut). Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Prof. Dr. INyoman Sudana Degeng M.Pd.(II) Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad M.Pd Kata Kunci Metode Inkuiri Media Audio-Visual Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA. 12288 12288 12288 Pembelajaran dilaksanakan menggunakan pendekatan metode dan model pembelajaran yang memberikan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif terhadap peristiwa konkrit baik fisik mental maupun emosional. Metode inkuiri adalah metode belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan mampu mengembangkan kemampuan intelektual berfikir kreatif kritis dan mampu memecahkan masalah secara ilmiah. Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa lebih aktif lagi. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil pengamatan pada kelas V SDN Takisung 2 terlihat bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini masih terpaku pada pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang antusias mengikuti pelajaran siswa cepat merasa bosan dan cenderung pasif dalam belajar. pembelajaran kurang menantang bagi siswa serta ketuntasan hasil belajar klasikal hanya mencapai 40%. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas tersebut peneliti menerapkan metode Inkuri dengan bantuan media audiovisual dengan langkah-langkah pembelajaran yang meliputi orientasi masalah merumuskan masalah merumuskan hipotesis mengumpulkan dan menganalisis data merancang dan melakukan percobaan membuat kesimpulan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan metode Inkuiri dengan bantuan media audiovisual dapat meningkatkan keaktifan siswa serta prestasi belajar IPA kelas V SDN Takisung 2. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Satu siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dan terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan pelaksanakan pengamantan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Takisung 2 tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Keterampilan guru siklus I masih bervariasi antara cukup baik dan sangat baik dengan presentasi akhir 85 % sedangkan di siklus II meningkat sangat baik dengan presentasi 92 5%. (2) tejadi peningkatan Aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. (3) Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 60% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Hal ini terbukti pada siklus II nilai prestasi belajar meningkat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62761

Actions (login required)

View Item View Item