Warno (2014) Perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran CTL dan STAD pada siswa kelas V SDN 2 Rampa Kotabaru / Warno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Warno. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran CTL dan STAD Pada Siswa Kelas V SDN 2 Rampa Kotabaru.Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Sutarto Hadi M Si M Sc. Kata kunci model pembelajaran CTL dan STAD hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Pemilihan pendekatan dan model pembelajaran yang tepat membantu siswa dalam menyerap materi pelajaran yang berdampak positif pada hasil belajar. Salah satu pendekatan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran CTL dan STAD. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran CTL dan STAD dengan pembelajaran model konvensional. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experiment) dengan desain Non equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN 2 Rampa Kotabaru tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah 368 siswa. Sampel dalam penelitian ini Kelas VA yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran CTL dan STAD. Sedangkan kelas VB yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok kontrol menggunakan pembelajaran metode ceramah tanya jawab dan tugas (konvensional). Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t test yang digunakan untuk menguji beda rata-rata dua sampel. Sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homgenitas data. Hasil uji t diperoleh t hitung t tabel yaitu 4.766 2.002 dan nilai probabilitas signifikansi 0 05 yaitu 0 000. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh bahwa perbedaan hasil belajar matematika kedua kelompok cukup signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara model pembelajaran CTL dan STAD dengan pembelajaran model konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62760 |
Actions (login required)
View Item |