Widodo, Hadi (2014) Perbedaan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media permainan tradisional basam-saman (studi pada siswa kelas III SD Negeri Pekauman 1 Banjarmasin) / Hadi Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Widodo Hadi. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Permainan Tradisional Basam-saman Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Pada Siswa Kelas III SD Negeri Pekauman 1 Banjarmasin). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) (Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. Pembimbing (II) Drs. Ahmad Suriansyah M.Pd Ph.D. Kata kunci NHT permainan basam-saman hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran NHT adalah adalah metode belajar dengan cara setiap siswa diberi nomor dan di buat suatu kelompok kemudian secara acak guru memangil nomor dari siswa. Media permainan tradisional basam-saman merupakan salah satu permainan tradisional Kalimantan Selatan yang biasa dimainkan oleh anak. Media disini berperan membantu penguasaan materi Matamatika agar lebih menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak yang sengan bermain. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model konvensional 2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model NHT berbantuan media permainan basam-saman 3) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model NHT berbantuan media permainan basam-saman dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada siswa kelas III semester I tahun pelajaran 2014/2015 di SD Negeri Pekauman 1 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimenal Design dengan bentuk Nonequivalent control grup design yaitu terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontol. dengan subjek berjumlah 63 orang. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda. dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik (Independen Sample T Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional berada pada katagori rendah 2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model NHT berbantuan media permainan basam-saman berada pada katagori tinggi 3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model NHT berbantuan media permainan basam-saman dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Hal ini berarti model NHT berbantuan media permainan basam-saman lebih baik (ada perbedaan positif) dari pada pembelajaran Konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t yang menunujukan bahwa nilai T hitung (3.522) dengan probabilitas 0 001. Karena F hitung (3.522) dari F tabel (2.000) dan probabilitas 0 001 0 05 Karena itu dalam pembelajaran matematika dapat digunakan model pembelajaran NHT berbantuan media permainan basam-saman untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62759 |
Actions (login required)
View Item |