Meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis puisi dengan teknik menulis puisi akrostik (studi pada siswa kelas V SDN Kandangan Kota 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan) / Ermi Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis puisi dengan teknik menulis puisi akrostik (studi pada siswa kelas V SDN Kandangan Kota 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan) / Ermi Yuliana

Yuliana, Ermi (2014) Meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis puisi dengan teknik menulis puisi akrostik (studi pada siswa kelas V SDN Kandangan Kota 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan) / Ermi Yuliana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuliana Ermi. 2014. Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Menulis Puisi Akrostik (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Kandangan Kota 1 Kabupaten Hulu Sungai Selatan) Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M. Pd (II) Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad M. Pd Kata Kunci Motivasi Kemampuan menulis puisi Teknik menulis puisi akrostik Fakta menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia selama ini lebih banyak berlangsung dengan pendekatan konvensional. Selama ini ada kesulitan dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis puisi. Teknik menulis puisi akrostik merupakan teknik menulis puisi yang memungkinkan siswa dapat mengalami suatu proses pembelajaran yang terarah dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kandangan Kota 1 tahun pelajaran 2013/2014. Adapun jumlah murid kelas V di SDN Kandangan Kota 1 30 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini ada dua 2 yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berkaitan hasil belajar siswa prosentasi aktivitas siswa dan data aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan data kualitatif digunakan untuk berupa catatan guru hasil observasi. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar pada pertemuan pertama dirasa masih kurang karena belum mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan di mana ketuntasan individu hanya 22 orang atau 73%. Sedangkan pada pertemuan kedua mengalami penurunan di mana ketuntasan individu sebanyak 21 orang atau 70% secara klasikal. Pada pertemuan ketiga ketuntasan individu sebanyak 22 orang atau 73%. Peningkatan motivasi menulis puisi ini juga terjadi pada pertemuan siklus II yang mencapai rata-rata 148 6 dan pada pertemuan kedua siklus kedua berhasil tuntas dengan ketuntasan klasikal 93%. 2) Motivasi siswa dalam menulis puisi di siklus pertama masih kurang karena kurangnya perhatian tidak berpikir secara relevan dan tidak percaya diri untuk menulis puisi. Teknik menulis puisi akrostik adalah teknik menulis puisi yang huruf awal setiap barisnya membentuk kata. Teknik menulisnya dapat dimulai dari a) Tahap Pencarian Ide. b) Pengendapan atau Perenungan. c) Tahap Penulisan. d) Kegiatan terakhir adalah membacakan puisi di kelas kemudian memajangnya di papan panjangan kelas. Dengan adanya Teknik menulis puisi akrostik dapat digunakan sebagai alternatif untuk memecahkan masalah yang terjadi dalam proses belajar mengajar sehingga motivasi dan kemampuan menulis puisi siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62754

Actions (login required)

View Item View Item