Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap sikap sosial dan hasil belajar matematika / Ahmad Syadzali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap sikap sosial dan hasil belajar matematika / Ahmad Syadzali

Syadzali, Ahmad (2014) Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dipadu Numbered Heads Together (NHT) terhadap sikap sosial dan hasil belajar matematika / Ahmad Syadzali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Syadzali Ahmad. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dipadu Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Matematika. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Karyono Ibnu Ahmad. Kata Kunci Model STAD dipadu NHT Sikap Sosial Hasil Belajar Model pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di kelas karena model pembelajaran memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa untuk memahami materi dengan nyata. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran STAD dipadu NHT terhadap sikap sosial dan hassil belajar yang terjadi di kelas eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan sikap sosial siswa dan 2) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model STAD dipadu NHT dengan kelas konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan bentuk nonequivalent kontrol group design untuk menjawab pertanyaan di atas. Data penelitian ini adalah angket untuk menggumpulkan data sikap sosial siswa dan tes kognitif untuk mengukur hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistic deskriptif dan uji-t pada taraf signifikan 5% berbantuan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum model pembelajaran STAD dipadu NHT berpengaruh terhadap sikap sosial dan hasil belajar. Hasil penelitian didapat bahwa 1) terdapat perbedaan sikap sosial antara yang mengikuti pembelajaran STAD dipadu NHT dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional diperoleh t 2 413 p 0 01 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model STAD dipadu NHT dengan pembelajaran konvensional diperoleh t 3 524 p 0 01. Dengan demikian penerapan pengaruh pembelajaran STAD dipadu NHT lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap sikap sosial dan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SDN Passar Lama 3 Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62745

Actions (login required)

View Item View Item