Penggunaan peta konsep untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Otombamba Kabupaten Ende / Josef Kusi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan peta konsep untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Otombamba Kabupaten Ende / Josef Kusi

Kusi, Josef (2014) Penggunaan peta konsep untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Otombamba Kabupaten Ende / Josef Kusi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusi Josef. 2014. Penggunaan Peta Konsep untuk Memperbaiki Proses dan Hasil Belajar IPS pada Materi Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat pada Siswa Kelas IV SD Inpres Otombamba Ende. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.Wahjoedi M.Pd M.E (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata Kunci Peta konsep Proses Hasil Belajar. Penelitian ini diadakan karena ada permasalahan pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Inpres Otombamba Ende dimana proses dan hasil belajar kurang memuaskan. Hasil belajar rendah ini diketahui dari nilai ujian akhir semester ganjil pada tahun pelajaran 2013/1014 dimana dari 26 siswa baru 16 siswa atau 61.45% yang tuntas belajar sedangkan 10 orang atau 39.46% belum tuntas dalam artian belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Hal ini didukung pula ketika dilakukan observasi awal dimana proses pembelajaran masih terpusat pada guru dan penyampaian materi dengan menggunakan cara konvensional serta pemanfatan media belum dilakukan secara maksimal saat proses pembelajaran berlangsung. Guna mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan peta konsep untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach ) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu silkus I dengan 3 kali pertemuan dan siklus II dengan 2 kali pertemuan melalui 4 tahap yang meliputi tahap perencanaan observasi catatan lapangan tes serta dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa angket tanggapan siswa dan soal tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang disajikan secara bertahap sesuai dengan siklus yang telah dilakukan serta jenis dan bentuk tingkah laku yang dilakukan oleh guru maupun siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan peta konsep dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang mana pada siklus I yang diperoleh 65.68 % dan pada siklus II memperoleh 83 83%. Jadi terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18 15%. Untuk meningkatkan proses maupun hasil yang ingin dicapai beberapa saran yang diajukan antara lain (1) Penggunaan peta konsep dapat digunakan pada materi IPS lainnya (2) Agar hasil pembelajaran tercapai hendaknya guru secara terus menerus disela-sela proses pembelajaran berlangsung memberi motivasi sehingga siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran sebagai bentuk respon dan (3) Kepala sekolah hendaknya memotivasi teman-teman guru untuk menggunakan berbagai strategi pembelajaran sehingga dalam rangka meningkatkan keaktifan siswa dan memberikan fasilitas yang mendukung keterlaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62737

Actions (login required)

View Item View Item