Sar'iyyah, Nining (2014) Penerapan model Jigsaw dengan metode eksperimen mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas 5B SDI Paupanda 3 Ende / Nining Sar'iyyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sar Iyyah Nining. 2014. Penerapan Model Jigsaw dengan Metode Eksperimen dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5b SDI Paupanda 3 Ende. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci Model jigsaw metode eksperimen mind mapping aktivitas belajar dan hasil Belajar. 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan karena ditemukan masalah pada mata pelajaran IPA kelas 5b SDI Paupanda 3 yang menunjukkan aktivitas dan hasil belajar IPA yang rendah. Hasil belajar yang rendah ini terbukti dari nilai ujian akhir semester ganjil tahun 2013 dimana 20 dari 22 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 61. Fakta tersebut didukung dengan hasil observasi awal dimana aktivitas pembelajaran masih didominasi oleh guru dimana siswa cenderung mendengar mencatat dan menghafal apa yang tertulis di dalam buku catatannya. Siswa tidak diarahkan untuk membangun pengetahuan sendiri melalui proses penemuan. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model Jigsaw dengan metode eksperimen dan mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar setelah diterapkan model Jigsaw dengan metode eksperimen dan mind mapping. 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis desain PTK Kemmis Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dan soal tes. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yang meliputi reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa yang diperoleh siklus I sebesar 59% dan meningkat lagi menjadi 100%. Adapun perolehan aktivitas belajar pada siklus I sebesar 49 8% dan meningkat lagi menjadi 87 6% pada siklus II. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar ini dikarenakan proses pembelajaran yang menerapkan model jigsaw dengan metode eksperimen dan mind mapping melalui langkah-langkah pembelajaran dimana siswa bereksperimen dalam rangkaian kelompok jigsaw (kelompok asal dan kelompok ahli) dan menuangkan hasil eksperimen dalam bentuk mind mapping. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru mata pelajaran IPA untuk menggunakan model Jigsaw dengan metode eksperimen dan mind mapping untuk mengembangkan strategi belajar yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62730 |
Actions (login required)
View Item |