Kurniasari, Praharisti (2014) Penggunaan intelligent mint mapping untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Purwantoro 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Praharisti Kurniasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurniasari Praharisti. 2014. Penggunaan Intelligent Mind Mapping untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Purwantoro 3 Malang. Tesis Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Dasar Guru Kelas Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Suhadi Ibnu M.A Ph.D (II) Dr. Muhardjito M.S Kata kunci Intelligent mind mapping proses belajar hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Purwantoro 3 Malang terhadap proses pembelajaran IPA telah ditemukan permasalahan yaitu guru menggunakan pembelajaran tradisional dan hanya mengejar target terselesainya materi pelajaran. Guru monoton dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah tanya jawab diskusi dan presentasi berdasarkan LKS sehingga siswa cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung. Dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 65 ternyata hanya 6 siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar dan 32 siswa yang belum tuntas. Artinya ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai hanya 16% siswa tuntas belajar dan yang belum tuntas 84%. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan mind mapping berbantuan emindmaps dan mendeskripsikan penggunaan mind mapping berbantuan emindmaps dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPA di SDN Purwantoro 3 Malang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Purwantoro 3 Malang. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi teknik penilaian hasil karya siswa teknik angket skala sikap wawancara tes dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan mind mapping berbantuan emindmaps hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil karya siswa pada pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 39 55 menjadi 60 69 dan pada siklus II menjadi 76 92. Hasil tes akhir juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil tes akhir dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 38 93 menjadi 57 89 dan pada siklus II menjadi 73 76. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil observasi aktivitas siswa dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 39 90 menjadi 76 76 dan pada siklus II meningkat menjadi 81 05. Nilai rata-rata hasil skala sikap siswa dari pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan dari 16 05 menjadi 25 65 (dari rendah menjadi tinggi) dan pada siklus II meningkat menjadi 31 21 (dari tinggi menjadi sangat tinggi). Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah untuk Kepala Sekolah sedapat mungkin menyediakan sumber bacaan lebih lengkap dan bervariasi jenisnya (bukan buku saja) baik di perpustakaan maupun sudut baca di kelas. Selain itu untuk menunjang pembelajaran yang menggunakan emindmaps diharapkan sekolah mempunyai alat-alat yang menunjang untuk pembelajaran tersebut misalnya komputer dan LCD. Bagi guru hendaknya mampu mengoperasikan komputer dan menguasai program aplikasi pendukung mind mapping sehingga dapat menggunakan mind mapping berbantuan emindmaps dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62713 |
Actions (login required)
View Item |