Penerapan model pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan efikasi diri, motivasi dan hasil belajar siswa (studi pembelajaran IPS siswa kelas V SDI Az Ziyadah Jember) / Fitria Dwi Ananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan efikasi diri, motivasi dan hasil belajar siswa (studi pembelajaran IPS siswa kelas V SDI Az Ziyadah Jember) / Fitria Dwi Ananda

Ananda, Fitria Dwi (2014) Penerapan model pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan efikasi diri, motivasi dan hasil belajar siswa (studi pembelajaran IPS siswa kelas V SDI Az Ziyadah Jember) / Fitria Dwi Ananda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ananda Fitria Dwi. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk Meningkatkan Efikasi Diri Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDI Az Ziyadah Jember). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si (II) Prof. Dr. Ruminiati M.Si. Kata Kunci Carousel Feedback efikasi diri motivasi hasil belajar IPS. 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDI Az Ziyadah Jember terhadap proses pembelajaran IPS menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih didominasi oleh guru. Hal ini berdampak pada efikasi diri motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran malu mengungkapkan pendapat serta kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Ketuntasan hasil belajar IPS siswa hanya mencapai 40% sedangkan 60% lainnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu diperlukan upaya perbaikan yaitu dengan penerapan model carousel feedback. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran carousel feedback dalam meningkatkan efikasi diri motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Az Ziyadah Jember. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi angket tes wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran carousel feedback dapat meningkatkan efikasi diri motivasi dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang mencapai tingkat efikasi diri tinggi dan sangat tinggi yaitu 67% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Demikian pula persentase motivasi belajar siswa yang mencapai kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu 75% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari persentase ketuntasan klasikal yaitu 75% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Disarankan agar guru diberi pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif pada umumnya dan carousel feedback khususnya. Sebelum guru menerapkan model pembelajaran sebaiknya memperkenalkan terlebih dahulu langkah-langkah model pembelajaran yang diterapkan pada siswa sehingga bisa melaksanakan pembelajaran dengan lancar. Disarankan pula pada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan dengan menggabungkan atau mengkolaborasikan dua model pembelajaran yang berbeda dengan media pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/62712

Actions (login required)

View Item View Item