Widodo, Prasetyo Suko (2014) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik kelas VII / Prasetyo Suko Widodo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Widodo Prasetyo Suko 2014 Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Prof. Dr. Agr. Muhamad Amin M.Pd Kata Kunci bahan ajar IPA Terpadu berbasis masalah keterampilan berpikir kritis prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar IPA Terpadu berbasis masalah dengan keterpaduan materinya menggunakan model connected. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar IPA Terpadu berbasis masalah yang teruji efektifitasnya dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik kelas VII. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R D) berdasarkan model pengembangan Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 3 tahapan yaitu 1) studi pendahuluan 2) pengembangan draft produk dan 3) Uji coba produk. Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar IPA Terpadu berbasis masalah berupa buku ajar dengan tema Panas bagi kehidupan untuk peserta didik kelas VII sekolah menengah pertama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi hasil wawancara angket kebutuhan bahan ajar untuk guru dan peserta didik angket kelayakan dan penyajian isi untuk ahli (dosen) angket penilaian bahan ajar untuk guru dan peserta didik kelas VIII tes keterampilan berpikir kritis serta tes prestasi belajar. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi ahli materi dan pengembangan oleh dua dosen terhadap bahan ajar dinyatakan valid hasil penilaian tiga guru dan sembilan peserta didik kelas VIII terhadap bahan ajar secara keseluruhan layak dan sudah baik sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar di kelas VII. Kelebihan bahan ajar ini adalah pengembangan disesuaikan dengan kurikulum 2013 dan berorientasi pada permasalahan yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik. Kekurangan bahan ajar ini adalah bersifat statis dan komunikasi satu arah karena disajikan dalam bentuk buku serta uji kompetensi disajikan setelah semua materi di bahas. Uji keefektifan bahan ajar ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain postest only control group. Hasil tes keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar setelah perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/62690 |
Actions (login required)
View Item |